JATIM

Shelly Leonia Sisca : Jangan Berpikiran Negatif Tentang Program Ini

Shelly Leonia Sisca

SIDOARJO, JATIM, BN – Sosok salah satu milenial yang paham mengenai program JKN-KIS adalah Shelly Leonia Sisca. Menurutnya program yang lebih dikenal oleh masyarakat bernama BPJS kesehatan ini banyak memiliki sisi positif.

Hal tersebut diutarakan saat yang bersangkutan hadir dalam Gathering Badan Usaha yang diselenggarakan pada hari Rabu (22/07) di BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo.

Shelly yang sehari-hari bekerja di PT. Wira Buana Arum ini menceritakan pengalamannya selama menjadi HRD di perusahaan tempatnya bekerja.

Ia mengaku bahwa perusahaannya secara proaktif telah patuh dengan peraturan pemerintah yang mewajibkan pemberi kerja mendaftarkan pekerjanya ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Sejauh ini lancar selama memang sesuai prosedur. Pegawai juga merasa senang karena telah dibantu dan dilayani dengan baik. Terutama golongan menengah kebawah, yang merasa sangat terbantu dengan adanya program ini,” terangnya.

Shelly mengakui bahwa seiring dengan berjalannya waktu, pelaksanaan program JKN-KIS telah banyak mengalami peningkatan. Berlatar belakang pendidikan medis, dia menjelaskan bahwa dulunya banyak orang memiliki mindset bahwa pelayanan yang diberikan kurang baik, antri dan sebagainya.

“Tapi sekarang sudah semakin baik, terutama dengan adanya pelayanan digital. Keluhan antri juga sejauh ini sudah sangat jarang saya dengar. Malahan sekarang, seluruh kalangan baik kalangan menengah ke atas hingga menengah kebawah sudah banyak yang menggunakan JKN nya. Kalau banyak yang pakai kan berarti pelayanan BPJS Kesehatan sudah memuaskan,” urainya.

Mengenai pelayanan digital, Shelly menganalogikan dengan pelayanan Mobile Banking dimana untuk melakukan transaksi nasabah sudah tidak perlu lagi datang ke bank atau mesin ATM.

Ia berharap kedepannya pelayanan digital yang disediakan oleh BPJS Kesehatan baik Mobile JKN maupun Edabu Mobile dapat semakin dilengkapi dan diperbaiki fitur-fiturnya. Tentunya peningkatan layanan digital juga harus diikuti dengan gencarnya sosialisasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan terutama kepada masyarakat di daerah yang mungkin memiliki keterbatasan akses teknologi.

Lebih lanjut, dia berpesan bagi seluruh Peserta JKN-KIS untuk rutin membayar iuran. Karena menurutnya program JKN-KIS adalah program yang sangat bagus dimana masyarakat dapat menerapkan prinsip gotong royong saling membantu satu sama lain.

“Tolong jangan berpikiran negatif tentang program ini. Padahal kalau dilihat program ini banyak sekali sisi positifnya. Tetap dukung program pemerintah dengan baik agar pemerintah dapat menyediakan layanan kesehatan yang baik bagi seluruh penduduk Indonesia,” tutupnya. (*/boody)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button