ACEH

Pengerjaan Rehabilitasi Bendung Irigasi D.I Leme Gayo Lues Patut Disorot‎

GAYO LUES, ACEH, BN-Pengerjaan Rehabilitasi Bendung Irigasi D.I Leme, Kecamatan Blang Kejeren diduga tidak tertulis masa kontrak berakhir pengerjaan dari pihak kontraktor dan PPTK dari Dinas Pengerjaan Umum dan Tata Ruang Bidang Pengairan(PUPR) Kabupaten Gayo Lues.

Pantauan Bidik Nasional di lapangan, Selasa (25/8), tampak dari papan nama pekerjaan Rehabilitasi Irigasi D.l Leme, Kecamatan Blang Kejeren itu yang pekerjaannya dimulai dari 20 Mai 2020 dengan masa diakhir kontrak tidak dicantumkan dengan anggaran sebesar Rp4.709.800.000 yang bersumber dari dana APBK DOKA hanya tertera pelaksana pekerjaan dengan nama CV MAMAS BROTHER, Perencana CV Global Kekayasa, Konsultan Pengawas CV Lauser Konsultan. Masa kontrak 20 Mei 2020 dan masa berakhirnya kontrak tidak dicantumkan.

Salah seorang warga setempat yang tidak ingin disebutkan namanya saat dikonfirmasi Bidik Nasional selasa (25/8/2020) mengatakan, seharusnya pengawas lapangan memonitoring dan menegur rekanan agar mencantumkan informasi saat mulai pengerjaan dan berakhir pengerjaan proyek.

Menurutnya, sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012 dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

“Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses
Pengawasan apakah indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonotiring,” tegasnya warga.‎

Di tempat berbeda BN menghubungi salah satu konsultan pengawas beriniasial (S) melalui sambungan telepon terkait hal atas mengatakan kalau di mulai kontrak pengerjaan atau berakhir kontrak pengerjaan bisa di buat bisa juga nggak ucapnya dengan nada enteng.

Sementara Kabid Perairan PUPR Gayo Lues Subdi Y saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon dengan no 0823662561xx SMS tidak di balas di Telepon 3 Kali tidak di angkat sampai berita ini diturunkan. (dir)‎

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button