SUMUT

LAPD Labuhanbatu Membuka Pendaftaran Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

LABUHANBATU, SUMUT, BN-Pelantikan pengurus Lembaga Ahli Pengadaan Desa (LAPD) Labuhanbatu dan pelatihan, pembekalan serta sertifikasi tenaga jasa konstruksi di Labuhanbatu, Selasa (8/9/2020).

Pelantikan pengurus LAPD Labuhanbatu periode pereode September 2020- September 2023 dlakukan oleh oleh Ketua Umum Lembaga Ahli Pengadaan Desa (LAPD) Dr. Ir. Hasudungan Sihombing, M.BA.

Selain pelantikan juga di lakukan pelatihan, pembekalan dan sertifikasi kepada 200-an orang tenaga jasa konstruksi di Labuhanbatu, yang berlangsung selama 4 hari kedepan terhitung sejak tanggal 08-09-2020 s/d 11-09-2020.

Acara pelantikan ini di hadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Labuhanbatu, Muhammad Yusuf Siagian.

Hasudungan Sihombing mengatakan LAPD merupakan lembaga ahli-ahli profesi yang bertujuan meningkatkan sumber daya manusia di bidang pengadaan barang dan jasa.

Salah satu langkahnya, tambah dia, adalah pembekalan dan uji sertifikasi kepada para pekerja konstruksi.

“Kedepannya dengan adanya pelatihan dan sertifikasi kepada para pekerja konstruksi ini, maka untuk pengadaan barang dan jasa yang bernilai kecil (200 juta kebawah -Red), dapat dikerjakan langsung oleh para pekerja konstruksi yang telah bersertifikat tersebut. Intinya LAPD akan menaikkan level para pekerja konstruksi, bukan hanya sekedar menjadi tukang saja,” ujarnya.

Selain itu, Hasudungan juga menjelaskan bahwa LAPD merupakan lembaga non LSM yang telah mempunyai kepengurusan se-Indonesia.

“Lembaga ini telah berdiri diseluruh provinsi dan kabupaten bahkan telah merambah desa-desa di seantero pelosok negeri,” imbuhnya.

Sementara Sekda Muhammad Yusuf Siagian dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi tujuan LAPD yang ingin meningkatkan kesejahteraan para pekerja konstruksi, dan siap bekerja sama demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu.

Sementara, pengurus LAPD Labuhanbatu yang dilantik terdiri antara lain, Ketua dijabat oleh Salmia Herawati Siregar, Sekretaris Andy Baskoro Yudho, Bendahara Daniel RM Siregar, Ketua Kordinator Kecamatan Asrul Aziz, Sekretaris Kordinator Kecamatan Muhammad Kohar Ritonga, ST Dan Bendahara Koordinator Kecamatan Usup Pane.

Dikesempatan yang sama Awak media menyambangi Muhammad Kohar Ritonga, yang merupakan Sekretaris Koordinator Kecamatan, menanyakan apakah pendaftaran pelatihan ini di buka secara umum dan gratis.

LAPD Labuhanbatu membuka pendaftaran untuk uji kelayakan dan sertifikasi tenaga kerja konstruksi (Tukang Desa) terbuka untuk masyarakat luas Labuhanbatu, dengan klasifikasi tukang besi, tukang kayu, tukang batu, tukang listrik, tukang las, tukang keramik, tukang plafon, tukang sumur bor, operator mesin dll secara gratis.

“Syarat pendaftaran Pas fhoto 3x 4 , foto copy KTP, foto copy ijazah, masing masing 4 lembar,dan bisa hubungi di nomor kontak Rika Sagala 085330335010. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 08-09-2020 s/d 10-09-2020,” tutup nya. (M.SUKMA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button