Connect with us

Bidik Nasional

PKK Desa Sumbersewu Muncar Dapat Apresiasi Dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Banyuwangi 

JATIM

PKK Desa Sumbersewu Muncar Dapat Apresiasi Dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Banyuwangi 

BANYUWANGI, JATIM, BN-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Sumbersewu, Muncar, Banyuwangi aktif mengadakan pertemuan dan pelatihan terkait pemanfaatan lahan pekarangan sekitar rumah. Atas hal tersebut Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kabupaten Banyuwangi mengapresiasi atas keberhasilan pengembangan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) PKK di desanya.

Ketua PKK desa Sumbersewu Iatiqomah mengatakan kelompok PKK Desa Sumbersewu aktif mengadakan pertemuan dan pelatihan pemanfaatan lahan pekarangan di sekitar rumah agar memanfaatkan sebagai lahan tanaman sayuran. Nantinya bisa membantu kebutuhan keluarganya. Apalagi dimasa Pandemi Covid 19 tidak bisa diprediksi kapan berakhirnya, maka ibu-ibu PKK harus kreatif, enofatif mengatur uang belanja untuk kebutuhan sehari-hari.

Sebagai ketua PKK tingkat Desa, dia mengajak ibu ibu PKK untuk menanam sayur mayur organik dengan Hidroponik jika lahan sempit atau menggunakan polibag di sekitar pekarangan rumah masing-masing.

Antara lain mengurangi pengeluaran belanja membeli sayuran untuk kebutuhan sehari-hari dan dapat mencukupi kebutuhan gizi keluarga. Ibu PKK didampingi Suyitno sudah mulai mengembangkan kebun bibit desa untuk keberlangsungan. Dengan adanya kegiatan ini lebih produktif mengolah lahan dipekarangan untuk ditanami aneka sayuran yang hasilnya bisa dikonsumsi sendiri selebihnya bisa dijual dan dishodakohkan pada warga sekitar/orang lain. ‎

Sedangkan bibit benihnya dibantu Pemerintah/subsidi dari Dinas Pertanian langsung. “Pemdes Sumbersewu sangat mendukung program KRPL PKK tersebut agar Kelompok ibu PKK Sumbersewu lebih berkembang dan maju, ” kata Istiqomah.

Menurutnya, satu bulan yang lalu ibu ibu PKK desa Sumbersewu dikunjungi dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Banyuwangi. Dan bersama mereka melihat-lihat bermacam-macam tanaman sayuran tumbuh dengan sehat dan subur di pekarangan Suyitno, beliau mengapresiasi atas kerja keras ibu PKK desa Sumbersewu. Dan Istiqomah selaku istri Kades Sumbersewu merasa seneng sekali mendapat Apresiasi dari
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, serta dari Mantri Dodik BPP Muncar.‎

Pada hari Kamis 10/09/2020 jam 11:30 Dodik dari BPP Muncar menyampaikan, “bahwa, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Banyuwangi sangat mengapresiasi keberhasilan melakukan program KRPL PKK, berkat KRPL Ketahanan Pangan Masyarakat Meningkat,”kata Dodik melalui jaringan seluler HP kepada Kades Arisman.

Kades Sumbersewu menambahkan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bahwa pengembangan KRPL-PKK ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengentaskan daerah rentan rawan pangan dengan mendorong masyarakat mampu memproduksi pangan nya sendiri.

“Melalui KRPL diharapkan asupan gizi keluarga dapat dipenuhi dengan memgoptimalkan lahan pekarangan untuk ditanami aneka sayuran sehingga nutrisi keluarga menjadi beragam bergizi seimbang dan aman,” pungkas Arisman. (Jojo BN )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in JATIM




loading…





To Top
%d blogger menyukai ini: