JATIM

SKK Migas Jabanusa Gandeng PWI Jatim Gelar Lomba Karya Jurnalistik

SURABAYA, JATIM, BN-Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jabanusa (Jawa Bali Nusa Tenggara) bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur menggelar lomba karya jurnalistik tulis dan foto. Total hadiah yang disediakan untuk para pemenang sebesar Rp 110 juta berupa barang.

Kegiatan lomba karya jurnalistik tulis dan foto ini dalam rangka memperebutkan Piala Kepala SKK Migas Jabanusa. Kegiatan tersebut baru pertama kali dihelat pada tahun 2020. Diharapkan di tahun-tahun mendatang, ajang ini bisa diteruskan dan menjadi kalender kegiatan rutin SKK Migas Jabanusa dan KKKS yang berada di Jabanusa.

Nur Wahidi, Kepala SKK Migas Jabanusa di Surabaya, Senin (7/9/2020) mengatakan, pers yang selama ini telah menjadi mitra strategis SKK Migas dan KKKS di kawasan Jabanusa memberikan kontribusi besar dalam mendukung kegiatan hulu migas di Jabanusa, khususnya di Jatim.

“Karena itu, kegiatan ini bertujuan memberikan apresiasi bagi karya-karya jurnalistik terbaik di Jabanusa dalam menjalankan fungsi pendidikan, informasi, dan kontrol sosial, terutama di masa pandemi Covid-19 dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat,” kata Nurwahidi.

Selain itu, tambah Nurwahidi, kegiatan ini untuk membangun relasi, sinergi, dan kolaborasi yang bersifat saling menguntungkan dan saling memberikan manfaat antara SKK Migas Jabanusa dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dengan masyarakat pers di Jabanusa, khususnya di Jatim.

“Pers memiliki peran strategis dalam mendukung kegiatan hulu migas di kawasan Jabanusa,” tambah Nurwahidi.

Yang menarik dari kegiatan lomba karya jurnalistik tulis dan foto kerja bareng SKK Migas Jabanusa dan PWI Jatim ini tidak sekadar mengambil satu tema. Tapi, panitia lomba menetapkan ada lima (5) tema yang bisa dipilih setiap peserta.

Kelima tema tersebut adalah:

1) Peluang dan Tantangan Sektor Hulu Migas di Jatim pada Masa Pandemi Covid-19

2) Menggali Potensi Hulu Migas, Mempromosikan Kualitas Kesejahteraan Rakyat Jatim

3) Jatim Bangkit, Recovery Sosial Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19

4) Pengembangan Tiga Kawasan di Jatim (Gerbangkertasusila, Bromo Tengger Semeru, Selingkar Wilis dan Jalur Lintas Selatan), Peluang dan Tantangan

5) Dimensi Sosial Budaya dalam Mempercepat Capaian Kesejahteraan Rakyat Jatim

Total hadiah sebesar Rp110 juta tersebut, rinciannya untuk pemenang pertama karya tulis dan foto masing-masing memperoleh hadiah berupa barang senilai Rp17,5 juta. Pemenang kedua masing-masing mendapat hadiah berupa barang senilai Rp13 juta. Pemenang ketiga masing-masing mendapat hadiah berupa barang senilai Rp 10 juta. Dan pemenang harapan I dan II masing-masing kategori memperoleh hadiah berupa barang senilai Rp 5 juta.

“Sehingga total hadiahnya sebesar Rp 110 juta yang diwujudkan dalam bentuk barang,” kata Ketua PWI Jatim, Ainur Rohim.

Ainur menambahkan persyaratan peserta lomba karya jurnalistik kerja sama SKK Migas Jabanusa dengan PWI Jatim ini meliputi:

Jurnalis atau wartawan media cetak dan online yang berdomisili di wilayah Jabanusa. Media cetak dan online peserta lomba harus sudah terverifikasi administrasi oleh Dewan Pers.

Setiap peserta hanya bisa mengirimkan maksimal tiga karya tulis atau foto kepada panitia lomba. Karya tulis yang diikutkan lomba harus sudah pernah termuat atau tayang di media masing-masing peserta mulai 1 Januari sampai 16 November 2020.

Karya jurnalistik tulis atau foto peserta harus sudah diterima panitia lomba paling lambat pada tanggal 20 November 2020 dan dikirim dalam bentuk fisik rangkap 4 (empat) ke alamat Sekretariat PWI Provinsi Jatim, Jalan Taman Apsari Nomor 15-17 Surabaya.

Khusus untuk peserta dari media online, mohon disertakan link bukti karya tulis atau foto yang sudah pernah tayang dan diikutkan lomba. (dji)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button