JATIM

SMK Al Huda Kota Kediri Terapkan Metode Pembelajaran Microsoft Teams (MT) Dimasa Pandemi Covid-19

KEDIRI, JATIM, BN- Selama pandemic covid-19 ini, SMK Al Huda Kota Kediri menerapkan pembelajaran daring (dalam jaringan), sesuai dengan kebijakan dari pemerintah pusat. Ada dua metode yang digunakan dalam pembelajaran daring ini :

1. Menggunakan aplikasi Microsoft Teams

2. Menggunakan grup WA

Opsi pertama (menggunakan aplikasi Microsoft Teams) merupakan metode yang paling banyak digunakan karena mudah dalam penggunaannya, banyak fitur yang bisa dimanfaatkan dan guru-guru sudah memperoleh pelatihan dari instruktur yang telah tersertifikasi dari Microsoft.

Aplikasi Microsoft Teams (MT) ini tidak ubahnya kelas dalam keadaan normal. Guru bisa memasukkan siswa dalam kelas atau mengundang siswa menggunakan kode kelasnya. Materi yang berupa teks, gambar maupun video bisa diunggah ke dalam kelas ini. Selain itu guru juga bisa membuat tugas dalam aplikasi MT ini dengan mudah. Guru tinggal buat tugas, lalu siswa mengerjakan tugas kemudian hasil dikirim. Setelah itu guru mengkoreksi tugas siswa, kemudian memberikan feedback kepada siswa tersebut.

Jika menggunakan opsi kedua (grup WA) guru unggah materi dan tugas di grup WA kemudian siswa mengirim hasil pekerjaan kepada guru tersebut.

Kegiatan ujian-ujian (mid semester maupun semester) juga menggunakan metode online, yaitu dengan menggunakan CBT Rush SMK AL Huda Kota Kediri. Dengan aplikasi ini, siswa bisa mengikuti ujian dimanapun berada, baik di rumah, di sekolah maupun di ruang public yang menyediakan wifi atau hotspot. Dengan aplikasi ini juga memudahkan guru untuk memperoleh nilai ujian siswa, karena setelah selesai mengerjakan ujian, guru langsung dapat melihat berapa skor yang diperoleh siswa tersebut.

Tem BK (Bimbingan dan Konseling) memantau keaktifan siswa dalam pembelajaran daring ini dengan menggunakan presensi online. Setiap hari guru BK melakukan rekap presensi dan melaporkan hasil rekapan kepada walikelas untuk ditindaklanjuti.

Suhariono selaku Kepala Sekolah sedang ada workshop di Kota Malang, akhirnya awak media menemui Arif Setiawan, S.Kom. selaku Waka Kurikulum sebagai perwakilan KS dan Arif menjelaskan “saya kemarin diberangkatkan dari sekolah untuk mengikuti pelatihan di Microsoft harus mengaplikasikan apa yang saya peroleh saat pelatihan, pada intinya pembelajaran daring kita manfaatkan teknologi yang ada salah satunya Microsoft Teams. Keunggulan dari MT sendiri yaitu kita bisa memasukan materi, melaksanakan ujian, dan kita bisa melakukan teleconference termasuk zoom sekaligus. Untuk kendala dari pembelajaran ini hanya pada sinyal di daerah siswa tinggal, tapi dari sekolah kita fasilitasi ruangan atau lab komputer bagi siswa yang terkendala sinyal maupun perangkat yang kurang memadahi bisa datang kesekolah” pungkasnya . (Nyoto)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button