Connect with us

Harapan Gubernur Terhadap Program LIN di Maluku Utara

MALUKU UTARA

Harapan Gubernur Terhadap Program LIN di Maluku Utara

Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, Lc

TERNATE, MALUKU UTARA, BN – Gubernur Provinsi Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba Lc, mengharapkan Pembangunan Lumbung Ikan Nasional (LIN) yang di canangkan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan di Provinsi Maluku Utara, perlu mengedepankan jaminan terhadap akses nelayan lokal.

“Jangan sampai pembangunannya justru hanya akan memberikan keuntungan kepada investor asing yang berpotensi mengeksploitasi Sumber daya alam.” Kata Gubernur melalui Sekprov Malut Samsudin A. Kadir, saat menyampaikan Pidato Gubernur pada Musyawarah ke 2 Ikatan Alumni Perikanan dan Ilmu Kelautan (IKAPERIK) Unkhair Ternate di Sahid Bela Hotel, Sabtu, (23/01/21)

Gubernur menjelaskan Provinsi Maluku Utara merupakan salah satu Daerah Kepulauan yang memiliki kekayaan alam di bidang Perikanan dan Kelautan yang melimpah. Laut Maluku Utara mengandung sumber daya hayati yang kaya dan beragam. Ikan Maluku Utara terdiri dari berbagai macam jenis dan keunggulannya, belum lagi kandungan lain yang ada di dalamnya.

“Kekayaan Laut yang melimpah apabila tidak dimanfaatkan secara maksimal juga akan menjadi mubazir dan tidak mendatangkan manfaat bagi Kita semua.” Jelasnya

Sebagai Provinsi Kepulauan yang memiliki Sumber Daya Alam Laut yang melimpah Sambungnya, Maluku Utara masuk dalam salah satu wilayah dari 3 Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara. Pembangunan Lumbung Ikan Nasional yang akan dilaksanakan di Maluku Utara, dan menjadi agenda prioritas Pembangunan Nasional.

Maluku Utara dipilih menjadi wilayah pengembangan LIN karena memiliki potensi perikanan yang mencapai 4 juta ton pada 3 Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

Pembangunan LIN pun perlu mengedepankan jaminan terhadap akses nelayan lokal. Nelayan lokal harus dijamin masih bisa mengakses sumber daya ikan meski banyak muncul penanaman modal asing di Maluku Utara”. Pintahnya (Andre)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in MALUKU UTARA

Advertisement
Advertisement




loading…





To Top
%d blogger menyukai ini: