MALUKU UTARA

Ratusan Warga Obi Tolak Kehadiran PT. Amazing Tabara

HASEL, MALUKU UTARA, BN – Ratusan Warga Kepulauan Obi Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), yang berprofesi sebagai petani dan nelayan menggelar deklarasi atas penolakan kehadiran PT. Amazing Tabara di Kepulauan Obi.

Deklarasi tersebut di gelar oleh warga masyarakat di 3 Desa Kepulauan Obi, yaitu Desa Anggai, Desa Sambiki dan Desa Air Mangga yang merasa di rugikan atas kehadiran PT. Amazing Tabara tersebut.

Kordinator Lapangan Sriko La Capa mengatakan PT. Amazing Tabara di izinkan beroperasi dengan luas 4.655 H, Melalui SK Gubernur nomor 52/7/DPMPTSP/XI/2018.

Atas izin tersebut Sriko menyatakan wargah masyarakat kemudian khawatir karena akan mengancam perkebunan mereka. Selain itu, ia menuturkan izin tersebut juga mengancam dua perkampungan di Kepulauan Obi, yaitu Desa Anggai dan Desa Sambiki. Sebab izin tersebut masuk sampai ke bibir pantai.

“Dengan demikian secara tidak langsung dua desa ini akan terusir dari tempat mereka” kata Sriko, Rabu, (27/1/2021).

Ia menambahkan khusus untuk Kepulauan Obi sudah menjadi contoh seperti masyarakat Desa Kawasi yang di pindahkan ke Akelamo oleh PT. Harita Group.

“Masyarakat di 3 Desa 100 persen secara tegas menolak kedatangan PT. Amazing Tabara masuk beroperasi do kepulauan Obi,” pungkasnya. (Andre)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button