JATIM

Sederet Prestasi Diukir Siswa-siswi SMAN 1 Grogol

KAB. KEDIRI, JATIM, BN – SMA Negeri 1 Grogol yang berlokasi di Jalan raya Gringging no 16 Sonorejo Grogol Kabupaten Kediri yang menyandang status sebagai sekolah adiwiyata nasional mandiri.

Banyak prestasi siswa yang sudah diraih baik tingkat kabupaten/kota, propinsi, nasional dan internasional.

Prestasi yang diraih murid SMAN 1 Grogol, diraih Sandrina Viriya Adithana kelas XI MIA4 sebagai juara 1 Open Champinship Pencak Silat Tanding Remaja kelas C putri yang diselenggarakan oleh Banyuwangi International Champinship 1 st 2020.

Gadis manis yang mengaku mulai berlatih pencak silat mulai SMP ini memang rajin latihan pencak silat sampe sekarang duduk di kelas XI SMA. Sandrina memiliki tips disiplin dan niat agar bisa menjadi juara.

Selain itu juga ada juara dibindang poster yaitu Farhan Arrosyid kelas XII IPS1 pada lomba poster Semarak Nasional Geografi Tingkat Nasional yang diadakan Universitas Negeri Yogyakarta dengan penghargaan meraih piala dari Gubernur daerah Istimewa Yogyakarta.

Ada juga yang meraih juara film pendek FLS2N tingkat Kabupaten kediri atas nama A.M Desya R kelas XII bahasa dan Rizky Faiz Sabila R kelas XI MIA 5.

Sedangkan Aisyah Salwa Salsabila kelas XI MIA 1 meraih juara 2 Karya Jurnalistik Tingkat Kabupaten 10 November 2020.

Selain itu ada juga yang berprestasi di bidang karya tulis ilmiah yaitu Adhiarta Lucky Riandhani XII MIA5, Moh. Rizal Firmansyah XI MIA3 dan Dwi Rangga Yudha XII MIA5 meraih juara 1 karya tulis ilmiah Best Innovation Lomba ISAC UNAIR Tingkat Nasional pada tanggal 15 November 2020.

Penelitian karya ilmiah ini berawal dari pandangan peneliti dengan banyaknya baterai yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti merkuri, timbal, dan nikel yang beredar di masyarakat.

Upaya yang dapat dilakukan untuk menguranginya ialah dengan membuat inovasi baterai menggunakan bahan alami yang ramah lingkungan. Di desa Tarokan Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri banyak dijumpai warganya yang berternak sapi dan menanam pohon sukun di halaman rumahnya. Kurangnya pengetahuan warga akan manfaat dibalik kotoran sapi dan sukun membuat kotoran sapi dibiarkan menumpuk, sedangkan sukun hanya dimanfaatkan untuk dikonsumsi.

Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan limbah kotoran sapi dan sukun yang difermentasi sebagai bahan dasarnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.

Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan teknik eksperimen, teknik wawancara, teknik studi kepustakaan, dan teknik kuesioner (angket).

Dari penelitian yang peneliti lakukan diketahui bahwa kandungan yang terdapat pada kotoran sapi dan sukun yang difermentasi akan menghasilkan gas metana yang dapat menghantarkan energi listrik. Arus listrik yang dihasilkan sebesar 0,7 volt yang dapat menghidupkan lampu LED (3 mm).

Kesimpulan dari penelitian ini

1) Klearto Bio Battery menghasilkan metana yang dapat menghantarkan energi listrik

2) Produk ini dibuat dari limbah kotaran sapi dan sukun yang difermentasi.

3) Klearto Bio Battery merupakan baterai ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan yang dapat mencemarkan lingkungan.

4) klearto Bio Battery disukai masyarakat, terbukti 80% masyarakat menjawab suka karena dapat digunakan sebagai lampu penerangan ketika listrik padam.

Kepala sekolah SMAN 1Grogol Kabupaten Kediri Tajuddin Subekti menyampaikan, “terima kasih saya sampaikan kepada semua pihak khususnya kepada Guru dan tenaga pendidikan di SMAN 1 Grogol yang telah berusaha memberikan yang terbaik bagi siswa-siswi untuk dapat meraih prestasi. Semoga dengan pencapaian ini tetap dapat dipertahankan ditahun-tahun berikutnya, serta selamat kepada siswa yang berprestasi di bidangnya masing-masing semoga tetap semangat untuk meraih prestasi lagi dan semoga bisa mmeotivasi keteman-teman dan adik kelasnya yang lain,” ucapnya. (Nyoto)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button