MALUKU UTARA

Dubes Spanyol Pastikan Kapal JS. Elcano Kunjungi Maluku Utara, Perairan Ternate dan Tidore Jadi Tempat Berlabu

SOFIFI, MALUKU UTARA, BN – Duta Besar Spanyol untuk Indonesia Mr. Jose Maria Matras Manso didampingi atase keamanan dan atase bidang perdagangan melakukan kunjungan kerja ke Maluku Utara dalam rangkah persiapan kedatangan kapal latih Spanyol, Juan Sebastian Elcano.

Dubes Spanyol Mr. Jose dijemput Gubernur Maluku utara KH. Abdul Gani Kasuba dan Sekda Malut Samsudin Abdul Kadir di Bandara Sultan Babullah Kota Ternate, Senin, (15/2/2021)

Usai diterima Gubernur, Dubes spanyol kemudian melakukan pertemuan resmi dengan Pemerintah Provinsi Maluku Htara di Kediaman Gubernur Ex Crisan yang dipimpin langsung oleh Sekda Malut Samsudin Abdul Kadir.

Di sela – sela pertemuan itu, Duta Besar Spanyol menyampaikan bahwa pada tanggal 27 Maret 2021 Kapal Latih Spanyol JS. Elcano akan berlabuh di perairan antara Ternate dan Tidore. Menurutnya, Kapal tersebut telah memulai pelayaran dari Spanyol sejak Oktober 2020 lalu dan di prediksikan akan tiba di Malut pada 27 Maret 2021.

Sementara Sekda Malut Samsudin Abdul Kadir menuturkan, Maluku Utara jauh hari telah menyiapkan agenda Sail Tidore dalam rangka menyambut kapal Magellain. Namun, karena saat itu telah terjadi wabah pandemic Covid-19 sehingga perjalanan tersebut tidak terlaksana. Akan tetapi menurut Samsudin, saat ini Pemerintah Spanyol tetap konsisten untuk melakukan pelayaran kembali dengan melepas perjalanan Mapal Elcano yang tujuannya akan sampai ke Maluku Utara.

“Oleh karena itu, dengan adanya kedatangan kapal tersebut akan dapat memberi pendidikan sejarah dan kebudayaan tentang perjalanan masa lalu bangsa spanyol di Maluku Utara dan menumbuhkan ekonomi masyarakat,” terangnya. (Andre Sudin)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button