KALTENG

Berikan Pendampingan BUMDes

MURUNG RAYA, KALTENG, BN- Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Mura, Rabul Yakin meminta Pemerintah Kabupatan (Pemkab) setempat dapat melakukan pendampingan yang intensif kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang tersebar di Mura.

“Kalau melihat sekarang ini, BUMDes sangat strategis bagi masyarakat, khususnya untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Maka dari itu Pemkab harus memfasilitasi dengan memberikan pendampingan kepada BUMDes,” ungkap Rabul, Senin 6 April 2021.

Dikatakannya, peran BUMDes akan dapat dirasakan oleh masyarakat ketika dikelola dengan baik. Pengelolaan BUMDes yang baik ini, tentu harus ada perhatian dari Pemkab Mura.

“Misalnya pendampingan terkait dengan administrasi, pembuatan badan hukum, pengembangan usaha, sampai dengan pemetaan potensi desa, itu harus difasilitasi Pemkab melalui dinas terkait,” tambahnya lagi.

Dia menilai, ketika BUMDes mampu berkembang dengan baik tentu akan memberikan implikasi positif kepada masyarakat. Mulai dari penyerapan tenaga kerja, penyaluran produk-produk UMKM sampai dengan pengembangan desa itu sendiri.

“Para pemuda juga bisa memanfaatkan peluang pengembangan desa dengan bekerja di BUMDes. Apakah nantinya BUMDes mau mengembangkan pertanian, peternakan, desa wisata, itu semua tergantung dari potensi dan karakteristik dari desanya,” tuturnya.

Maka dari itu, spirit pengembangan BUMDes, menurut Rabul harus ada sinergitas dan menjadi salah satu program prioritas dari Pemkab Mura.

“Kedepannya ini yang harus menjadi konsen Pemkab, khususnya pengembangan BUMDes, apalagi sekarang sudah ada dana desa yang salah satunya bisa dialokasikan untuk pengembangan BUMDes,” tandasnya.(Efendi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button