Connect with us

Ir. H. Mujiono : Program Bupati Ipuk Kedepankan UMKM Mikro Untuk Ekonomi Masyarakat

JATIM

Ir. H. Mujiono : Program Bupati Ipuk Kedepankan UMKM Mikro Untuk Ekonomi Masyarakat

BANYUWANGI, JATIM, BN – Tahun 2021 ini program Pemkab. Banyuwangi yang dipimpin Bupati Ipuk Fiestiandani bersama Wakil Bupati H. Sugirah mengutamakan UMKM Mikro untuk pertumbuhan perekonomian masyarakat di masa pandemi covid- 19.

Wartawan bidiknasional.com Biro Banyuwangi mengkonfirmasi Sekretaris Daerah (Sekda) Banyuwangi H. Ir. Mujiono, menuturkan ” Program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, adapun jangka pendek disituasi pandemi covid- 19 ini yang dilakukan percepatan penanganan ekonomi dengan UMKM mikro yang semula tradisional, artinya dengan pelatihan-pelatihan secara modern mulai dari hulu sampai ke hilir, dan UMKM mikro yang belum berkembang perlu adanya sentuhan-sentuhan dari Pemkab. Banyuwangi mulai pendataan bantuan sosial untuk warga yang perlu dibantu, sehingga dapat menjual hasil produknya dengan cara pelatihan cara pemasarannya, jenis-jenis produknya yang akan dipasarkan hasil kerajinannya, bahkan tempatnya kurang layak akan dilakukan pembenahan-pembenahan ” tuturnya diruang kerjanya. Senen (05/04/2021).

Ir. Mujiono menambahkan pembenahan baik di tempat pariwisata, tempat pasar tradisional, untuk digerakkan penjualan hasil kerajinan, hasil kuliner agar perputaran roda keuangan dapat berjalan sehingga dapat menambah pendapatan bagi pelaku kuliner dan pelaku kerajinan.

Disamping UMKM mikro juga menfokuskan tentang kesehatan dan kebersihan di masa pandemi covid- 19 dengan cara masyarakat disiplin Protokol kesehatan yaitu 3M memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak dan hindari kerumunan agar Banyuwangi cepat landay/ turun dengan cara PPKM skala mikro untuk penanganan dan pencegahan di lingkungan RT/RW dan sudah ada 10.600 lebih sudah ada posko PPKM mikro dalam rangka sosialisasi kesehatan dan kebersihan di lingkungan masyarakat skala mikro untuk ikut mencegah dalam penanganan penanggulangan covid- 19, kemudian bantuan sosial dari kegiatan ADD dan DD di wilayah Desa terutama dalam penanganan covid- 19 dan bantuan sosial untuk warga yang sangat membutukan ekonomi.

“Selain PPKM mikro dan kita tingkatkan untuk vaksinasi , kita melakukan tahapan-tahapan untuk kedatangan vaksin, utamanya yang mendapatkan vaksin seperti Tenaga kesehatan, tokoh agama, tokoh masyarakat, yang sering berinteraktif dengan masyarakat luas termasuk rekan-rekan Wartawan, dan salah satunya prioritas yang dapat vaksinasi masyarakat di lingkungan pasar, vaksinasi tidak bisa dalam waktu dekat namun secara bertahap dan tergantung dari Pusat ” tambahnya.

“Untuk murid-murid yang mssuk di sekolah-sekolah sudah dimulai belajar dengan tatap muka namun tetap mematuhi Protokol kesehatan, sedangkan program prioritas Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Wakil Bupati Sugirah dengan mengantor/ berkantor di desa-desa untuk mendekatkan dengan masyarakat, termasuk Adminduk dari Dispenduk Capil dalam hal pengurusan KTP, KK, surat-surat penting lainnya untuk mempermudah dalam pelayanan kepada masyarakat, disamping itu beberapa KUD diwilayah Desa, Kelurahan sudah tutup/ tidak beroperasi lagi namun demikian Pemkab. Banyuwangi dalam hal ini Dinas Koperasi Usaha Mikro Pedagangan masih memantau koperasi-koperasi yang masih berjalan/ beroperasi,” pungkasnya. (dj /tim- bn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in JATIM

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement




loading…





To Top
%d blogger menyukai ini: