MALUKU UTARA

Kembali Tinjau Kesiapan STQ Nasional di Sofifi, Kementerian Agama RI apresiasi Pemprov Malut

SOFIFI, MALUKU UTARA, BN – Tim Kementerian Agama Republik Indonesia yang di pimpin Kepala Seksi Pengembangan Musabaqah Alqur’an dan Alhadits, Helmi Haltian, didampingi Kepala Seksi Pemberdayaan Lembaga Tilawah Alqur’an, Ali Sibromalisi, Ngabdul Rakhim dan Aminatun Zuhriyah kembali mengunjungi Sofifi untuk memastikan Progres persiapan lokasi pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat nasional tahun 2021 oleh panitia daerah di Sofifi.

Peninjauan dimulai dari dermaga laut untuk tamu yang akan menuju Sofifi, Masjid raya dan Astaka atau panggung utama lomba, lokasi pelaksanaan mata Lomba di gedung DPRD dan Gedung PUPR serta perumahan ASN.

Menurut Helmi, Waktu terus berjalan sehingga panitia daerah harus lebih pro aktif mempersiapkan semua fasilitas peserta.

Usai melakukan peninjauan di sejumlah titik, Tim Kemenag RI menggelar rapat bersama Sekretaris daerah dan panitia STQ daerah di lantai IV Kantor Gubernur, Sofifi.

Dalam pertemuan tersebut, Helmi memberi apresiasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara karena pada kunjungan pertama, sejumlah lokasi masih kosong bahkan ditumbuhi pohon namun saat ini telah terlihat sejumlah pembangunan termasuk perumahan ASN.

“Jika Pemprov telah menyediakan tempat tinggal peserta sebanyak jumlah peserta maka yang perlu disiapkan selanjutnya adalah bagaimana panitia menyiapkan tahapan pelaksanaan STQ tersebut sehingga berjalan dengan sukses.” Ujar Helmi, Rabu (21/4/21)

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Samsuddin Abdul Kadir meminta kepada instansi terkait agar lebih cepat lagi bergerak sehingga waktu yang ditargetkan untuk penyelesaian lokasi tercapai.
Ia juga meminta agar panggung utama dapat diselesaikan dengan tepat waktu.

Sejalan dengan Sekprov, Ketua Panitia STQ Daerah Salmin Janidi menjelaskan bahwa sejumlah persiapan selama beberapa bulan terakhir. Menurut Salmin, untuk bangunan Masjid raya saat ini telah mencapai 61%. Sementara untuk panggung utama (Astaka) sudah 40%. Sedangkan perumahan ASN 3 yang disiapkan juga telah selesai dibangun tinggal menunggu finshing setelah hari raya idul fitri.

“Saya Optimis pelaksanaan STQ nasional akan berjalan sesuai rencana sehingga saya berharap semua panitia daerah melihat keseriusan Tim pusat dalam mengawasi persiapan lokasi STQ dengan duduk bersama dan melaksanakan tugas dan fungsi yang telah ditetapkan sesuai Surat Keputusan Gubernur Maluku Utara,” tutur Salmin.

Sekedar diketahui, Pelaksanaan STQ nasional Tahun 2021 di Sofifi, rencananya akan dilaksanakan mulai pada tanggal 18 Oktober 2021. (Andre)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button