JATIM

P3-TGAI HIPPA Mulyo Mukti Bareng Desa Kupuk Guna Meningkatkan Hasil Pertanian

PONOROGO, JATIM, BN – Pembangunan peningkatan jaringan irigasi proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di Desa Kupuk, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan aturan serta telah terselesaikan.

Program padat karya tersebut, merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan masyarakat desa, pelaksanaannya sudah 100% terwujud dengan ukuran diameter panjang 312,5 meter (kanan kiri), lebar atas 70 cm, lebar bawah 40 cm, tinggi 60 cm, dengan kedalaman pondasi 30 cm dan ketebalan 30 cm, dari anggaran fisik sebesar Rp. 195 juta, dengan lokasi di area Persawahan Wungu (Nambang), di Dukuh Gandu, Desa Kupuk, Kecamatan Bungkal.

Ditemui Awak Media di rumahnya, Langgeng Priyanto, Ketua HIPPA Mulyo Mukti Bareng mengatakan, bahwa Irigasi P3-TGAI ini merupakan bentuk kepedulian terhadap warga masyarakat Desa Kupuk, terutama petani untuk meningkatkan kwalitas hasil panen.

“Kami mewakili masyarakat Desa Kupuk, khususnya para petani menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, dengan adanya program ini masyarakat sangat terbantu dalam hal azas manfaat,” ucapnya, Jumat (25/6/2021).

Dikatakan Langgeng, bahwa dengan adanya program tata guna air irigasi P3-TGAI ini sangatlah membantu dan berharap bisa memenuhi kebutuhan saluran air dan pengerjaan yang kami laksanakan sudah memenuhi prosedur padat karya sesuai RAB yang ada.

Harapannya, melalui program bantuan irigasi ini, para petani di Desa Kupuk yang tadinya dalam satu tahun hanya bisa satu kali panen, bisa menjadi dua kali memanen hasil pertaniannya.

Kepala Desa Kupuk, Setiyono, S.Pd mengatakan, program P3TGAI ini adalah wujud nyata pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat melalui infrastruktur pertanian yang mana bertujuan peningkatan ekonomi masyarakat khususnya petani.

“Dengan adanya program P3TGAI semoga para petani di Desa Kupuk sangat terbantu dan di harapkan jika pengerjaan selesai ,nantinya bisa memberikan manfaat para petani untuk meningkatkan produktivitas hasil panen lebih baik dari tahun sebelumnya” tutur Setiyono.

Kepala desa Kupuk juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,karena dengan adanya P3-TGAI masyarakat petani merasa terbantu,di mana melalui pembangunan infrastruktur pertanian ini dapat membantu ketersediaan air untuk mengaliri persawahan yang ada di desa Kupuk Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo.(Dhy)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button