JATIM

Penyaluran BLT Desa Sidomulyo Puncu Kediri Diterima Dengan Baik Kepada Warganya

KEDIRI, JATIM, BN – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sampai dengan bulan April Desa Sidomulyo Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri dibagikan. Sebanyak 37 KPM dari masyarakat miskin penerima bantuan, datang hadir memadati Balaidesa Sidomulyo pada Selasa (11/05/2021) dengan tetap mengedepankan Prokes (Protokol Kesehatan) dengan menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan.

Sejumlah warga kurang mampu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa senilai Rp.300.000 per keluarga penerima manfaat sampai bulan April 2021 tersalurkan dengan baik.

“Upaya ini merupakan bukti kepedulian pemerintah terhadap warganya yang terdampak Pandemi Corona,” kata Kepala Desa Sidomulyo, Sumilah, saat menghadiri penyerahan BLT DD, di Desa Sidomulyo, Kabupaten Kediri.

Sumilah menjelaskan, warga penerima bantuan ini merupakan keluarga dalam kriteria kurang mampu dari segi perekonomian. Selain itu, beberapa kategori lain yakni keluarga yang salah satu anggotanya mengalami sakit kronis dan tak bisa bekerja, serta keluarga yang kehilangan mata pencaharian atau menggantungkan hidup dari uluran tangan warga lain.

“Lalu, pada saat pendataan keluarga yang berhak menerima bantuan langsung tunai ini, pihak perangkat Desa sangat ekstra ketat melakukan seleksi data, karena data warga yang berhak menerima BLT ini sebelumnya tidak pernah menerima bantuan apapun dari pemerintah Desa, daerah, provinsi maupun pemerintah pusat,” katanya.

Sumilah menambahkan, ke depan, bantuan yang telah diterima ini dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga dan tidak boleh digunakan untuk berbelanja barang yang kurang sesuai kebutuhan.

“Untuk teknis pembagian bantuan langsung tunai ini, setiap penerima bantuan wajib membawa kartu keluarga asli serta KTP yang terdaftar sebagai penerima. Setelah itu, penerima wajib dilakukan foto beserta KTP dan uang yang diterima sebesar Rp 300 Ribu. Hal ini untuk meminimalkan kecurangan yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab,” katanya.

Di tempat ini, penerima bantuan mengaku, ia sangat bersyukur bisa terdata dan mendapatkan bantuan langsung Tunai sebesar Rp 300 Ribu setiap bulan dari desa.

“Uang hasil bantuan ini akan saya belikan sembako serta beberapa kebutuhan pokok lainnya serta sebagian akan disumbangkan juga untuk zakat fitrah,” ungkap warga Ds. Sidomulyo.

Sebagai informasi, di Desa Sidomulyo, Kecamatan Puncu Kab. Kediri ada sebanyak 37 keluarga penerima manfaat. Bantuan ini akan disalurkan secara bertahap setiap bulan sampai bulan April dengan nominal yang serupa.

Pada acara tersebut, sebagai simbolis Camat Puncu beserta Kepala Desa memberikan bantuan ke salah satu warga lengkap dengan nominal yang tertera. (ND)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button