28/01/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Babinsa Koramil 0825/01 Banyuwangi Bersama Tiga Pilar Bubarkan Acara Khitanan Yang Disertai Hiburan Jaranan

1 min read

BANYUWANGI, JATIM, BN – Bersama Tiga Pilar Kelurahan Karangrejo, Serka Rachmat Hidayat Babinsa Kelurahan Karangrejo Koramil 0825/01 Banyuwangi, membubarkan acara Kesenian Jaranan Campursari di acara hajatan khitanan di wilayah binaannya. Selasa, 29/06/2021.

Pembubaran acara kesenian Jaranan Campursari tersebut dilakukan karena kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Banyuwangi masih tinggi. Selain itu, kerumunan massa sangat rawan menimbulkan klaster baru.

Dalam rangka mendukung program Pemerintah dalam Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk memutus penyebaran Covid-19, Serka Rachmat Hidayat Babinsa Kelurahan Karangrejo membubarkan acara hiburan kesenian Jaranan Campursari tersebut.

Secara terpisah Danramil 0825/01 Banyuwangi Kapten Inf Sutaji menuturkan disela-sela kegiatannya,” bahwa pembubaran acara hiburan Jaranan pada acara khitanan tersebut dilakukan dikarenakan acara tersebut mengundang banyak kerumunan warga untuk menyaksikan hiburan, dan tentunya melanggar Protokol Kesehatan (Protkes) tentang larangan berkerumun, kami berharap warga masyarakat diwilayah Kecamatan Banyuwangi supaya patuh pada aturan yang telah ditetapkan Pemerintah,” tuturnya.

Meskipun sebagian warga sudah datang, namun karena hiburan dalam rangka khitanan tersebut dilakukan dan mengundang banyak kerumunan warga untuk menyaksikan acara hiburan, yang mana tentunya melanggar Protkes tentang larangan berkerumun, dengan sangat terpaksa maka langsung dibubarkan oleh Babinsa dan Tiga Pilar di lapangan.

Sementara itu, Babinsa Kelurahan Karangrejo Serka Rachmat Hidayat dalam kesempatan tersebut menuturkan,” Untuk alat-alat kesenian jaranan kita bersihkan dan diangkut, sementara untuk acara khitanan tetap diperbolehkan dengan syarat mematuhi Protkes yaitu menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer dan harus memakai masker, serta jaga jarak tempat duduk direnggangkan sekitar 1 s/d 2 M,” tuturnya. (dj- tim bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

bidiknasional.com/by_boodysank@gmail.com | Newsphere by AF themes.