28/09/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

RSU Alimudin Umar Liwa Optimis Kebutuhan Oksigen Masih Terpenuhi

2 min read
dr.Iman Hendarman, Sp.A, Direktur RS Alimudin Umar Liwa

LAMPUNG BARAT, BN – Sebagai dampak dari melonjaknya jumlah masyarakat yang terpapar virus Corona atau Covid -19 di Kabupaten Lampung Barat salahsatunya berakibat pada kebutuhan akan oksigen yang terus mengalami peningkatan.

Akhir-akhir ini, kebutuhan oksigen di RS Alimudin Umar Kabupaten Lampung Barat mengalami peningkatan drastis hingga mencapai 400 persen lebih dari sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Direktur Rumah sakit Alimudin Umar Lampung Barat, dr. Iman Hendarman pada Bidiknasional.com diruang kerjanya,Kamis 8-7-2021.

Ketika ditanya berkaitan dengan pasokan oksigen di RS Alimudin Umar, ia menyebut, meski kebutuhan meningkat, pasokan oksigen masih tetap stabil sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terjadi kekosongan oksigen.

Bicara tentang kemungkinan – kemungkinan dengan lonjakan pasien yang terpapar, yang terus bertambah, pihaknya telah mengantisipasinya. Menurutnya, agar pasokan tetap ada pihak Rumah Sakit harus setiap hari melakukan pembelian di salah satu perusahaan di Bandar Jaya, Kabupaten Lampung Tengah.

Ia mengungkapkan, kebutuhan oksigen hanya 5 hingga 10 tabung perhari. Sedangkan saat ini minimal 35 tabung hingga 40 bahkan terkadang lebih.

“Penyebabnya karena terjadi peningkatan jumlah pasien, dan rata-rata menggunakan oksigen. Tidak jarang yang dalam satu jam bisa menghabiskan dua tabung oksigen,” ujarnya.

Disinggung adanya kecenderungan penurunan grafik pasien pengunjung RS AU dimasa pandemi ini, dr.Iman tidak menampik kecenderungan tersebut. Menurutnya, masyarakat tidak perlu takut untuk berkunjung atau berobat ke rumah sakit Alimudin Umar meski dimasa pandemi ini.

“Khusus pasien Covid-19 kita telah siapkan ruangan dan jalur khusus ,jadi tidak sama dengan pasien umum.Siapa saja yang berkunjung diwajibkan untuk menjalankan protokol kesehatan secara ketat,serta untuk jujur terkait gejala dan riwayat penyakit pasien,” pungkasnya. (FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

by boodysank/bidiknasional.com/bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.