JATIM

Kepala KSOP Banyuwangi : Kami Tegaskan Nahkoda Kapal Utamakan Keselamatan Berlayar di Laut

BANYUWANGI, JATIM, BN – Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tanjung Wangi Letkol Marinir Benyamin Ginting meminta nahkoda kapal taati peraturan pelayaran dan waspadai cuaca ekstrim.

Hal tersebut disampaikan oleh Benyamin Ginting kepada Kabiro Banyuwangi bidiknasional.com , dalam menyikapi cuaca ekstrim, gelombang tinggi, angin kencang saat Kapal berlayar di laut. Rabo (30/6) di kantornya.

“Kami tegaskan bagi Nahkoda kapal agar mentaati dan mengikuti Peraturan Pelayaran demi Keselamatan saat berlayar di laut, jangan sampai terjadinya laka laut dan pelayaran transportasi di laut harus utamakan keselamatan bagi penumpang, untuk kapal saat berlayar sudah kondisi ready dan laik berlayar di laut ” tegasnya.

Menurut Benyamin Ginting terjadinya kapal KMP Yunicee tenggelam di laut selat Bali diduga arus laut sangat kencang dan gelombang laut tinggi untuk penumpang kapal atau korban sudah dilakukan pencarian dan pertolongan dari tim SAR Bali dan koordinasi dengan tim SAR Banyuwangi Jatim.

Benyamin Ginting menambahkan ” Kami dalam mengambil keputusan memberikan surat persetujuan berlayar dan penundaan untuk kapal tidak berlayar diakibatkan cuaca ekstrim, geombang tinggi dan arus laut kencang, dan kami mengacu UU Pelayaran padal 219 ayat dalam persetujuan kapal berlayar di laut demi keselamatan dan keamanan pelayaran ”

Untuk kapal harus ada ban pelampung, baju pelampung, dan kelengkapan lainnya dalam kondisi baik, dan pemeriksaan secara routin di kapal-kapal dan kondisinya sudah ready semua saat berlayar di laut.
Kantor KSOP Banyuwangi bersinergi dan koordinasi dengan Lanal Banyuwangi, Polsek KPT Banyuwangi, Pelindo Tanjungwangi III, ASDP Indonesia Feryy, Satuan Polairud Banyuwangi, SAR Banyuwangi, BPTD Banyuwangi, dan stakholder lainnya. (dj- tim bn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button