25/09/2021

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Operasi Pencarian Korban Tenggelamnya KMP Yunicee Berjalan Tujuh Hari Dan Ditutup Sesuai UU SAR

2 min read

BANYUWANGI, JATIM, BN – Setelah melaksanakan Operasi SAR selama 7 hari terhadap korban tenggelamnya KMP Yunicee di selatan perairan Pelabuhan Gilimanuk, maka operasi SAR tidak lagi dilanjutkan, Senin (5/7/2021).

Keputusan tersebut diambil setelah dilakukan evaluasi oleh seluruh unsur SAR terkait dan juga hasil koordinasi dengan pihak keluarga korban.

Pasi Ops SAR Surabaya I Wayan Suyatna menyampaikan kepada Kabiro Banyuwangi bidiknasional.com ” Operasi SAR tenggelamnya KMP Yunicee sudah ditutup kemarin sore Senen (5/7/2021) secara teori, namun pelaksanaannya bilamana ada tanda-tanda korban atau ditemukan korban, dan kami tim SAR masih stanby di Banyuwangi maupun Bali. Sampaikan saja siapapun yang mendapatkan informasi dan kami tim SAR akan evakuasi dan pencarian korban ” jelas I Wayan Suyatna di dampingi oleh Wahyu Setia Budi Koordinator Pos SAR Banyuwangi. Selasa (6/7/2021)

Jumlah seluruhnya hasil rapat kita tim SAR Banyuwangi dan tim SAR Bali bersama keluarga korban, jumlah seluruhnya 77 orang terdiri 51 orang selamat, 9 orang meninggal dunia, 17 orang belum ditemukan.

Untuk tim SAR Jawa Timur ada 30 personil terdiri SAR Surabaya, SAR Jember dan SAR Banyuwangi yang stanby Pos SAR Banyuwangi.

“Kita perlu waspadai cuaca sudah mulai ekstrim dan di masa pandemi Covid- 19 ini, kita juga berhati-hati dalam bertugas dan mudah-mudahan segera berakhir ” tandasnya.

Harapan Pasi Ops SAR Surabaya I Wayan Suratna yaitu seperti kecelakaan kapal tenggelam beberapa Tahun yang lalu terjadi di Selat Bali, dan bagi pelaku penyeberangan di pelabuhan ASDP Ketapang dan pelabuhan ASDP Gilimanuk untuk memperhatikan faktor keselamatan dan bagaimana dapat menyelamatkan diri, disamping itu kapal laik jalan apa tidak dan kalau memang tidak laik jalan jangan dipaksakan karena keselamatan bukan suatu kebetulan.

Basarnas Jawa Timur selalu berkoordinasi bekerja sama dengan Basarnas Bali juga TNI – POLRI serta Pemerintah Daerah, Sawsta dan para relawan dalam hal kemanusiaan. (dj- bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Enesysone Group Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.