28/01/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

OBRAS Virtual, Ruang Dialog Media dan BPJS Kesehatan Gresik

2 min read

Media Gathering 2021 BPJS Kesehatan Gresik secara virtual (06/09),

GRESIK, JATIM, BN – Selain menjadi wahana silaturahmi bagi seluruh media yang hadir, secara virtual Obrolan Seru Bersama BPJS Kesehatan Gresk (Obras) merupakan ruang dialog menampung kritik, masukan dan saran media untuk selanjutnya disampaikan dan dibahas oleh BPJS Kesehatan Cabang Gresik.

” Acara kali ini sengaja kita agendakan sebagai wadah silaturahmi, sekaligus tempat membahas apa kekurangan BPJS Kesehatan Gresik, yang dikeluhkan masyarakat ketika teman-teman media menemukanmya dilapangan, ” kata Tutus Novita Dewi Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik diawal sambutannya (06/09/2021).

Selain itu kata dia, dalam rangka meningkatkan informasi kebijakan terbaru terkait program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) serta sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi dan hubungan baik yang terjalin selama ini antara BPJS Kesehatan Gresik dengan awak media.

Sebagai nara sumber utama Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Dany Setiawan menjelaskan dalam penjabarannya, Sosialisasi Program JKN-KIS wajib diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat.

Program JKN yang mengusung tema Gotong Royong yang sehat menolong yang sakit ini kata Dani sapaan lekatnya, menekankan layanan dimasa pandemi Corona Virus desease 2019 (Covid-19).

Ia menjelaskan Komitmen peningkatan kualitas layanan dibagi menjadi beberapa klasifikasi diantaranya optimalisasi peran petugas PPP RS (Penanganan Pengaduan Peserta), Prosedur Penyederhanaan layanan HD dan perluasan RS dalam penyediaan sistem antrian elektronik.

Disamping itu lanjutnya, perlu diketahui, BPJS Kesehatan telah menyediakan kanal layanan administrasi.” Layanan telah kami sediakan seperti halnya Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, mobile customer Service, kader JKN, Mall pelayanan publik, website BPJS Kesehatan, Vika (Voice Interactive JKN), Chika (Chat Asistant JKN) dan NO PIC BPJS Satu) serta terbaru program Pandawa (Pelayanan Administrasi dengan chat Whatsapp),” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama nara sumber berikutnya, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer, Hernawan Priyastomo menambahkan materi melalui sosialisasi fitur pendaftaran pelayanan, konsultasi dokter, dan skrining riwayat kesehatan via Mobile JKN.

” Aplikasi Mobile JKN mewakili keseluruhan layanan non tatap muka. Bisa dibilang layanan digital dalam genggaman, masyarakat dapat mendaftar setiap pelayanan melalui satu aplikasi ini,” pintanya.

” fiture dan kanal yang disediakan konsultasi dokter via mobile JKN, Skrining riwayat kesehatan, Cek data kepesertaan, kartu JKN-KIS digital, ubah data kepesertaan, cek premi pembayaran peserta, riwayat kesehatan, dan seterusnya” tegasnya.

Momen dialog melalui zoom tersebut ditutup dengan dialog atau tanya jawab. Tercatat 14 usulan berikut kritik, masukan dan saran, semuanya ditampung oleh kedua nara sumber serta disempurnakan oleh Kepala BPJS Kesehatan Gresik.(boody)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

bidiknasional.com/by_boodysank@gmail.com | Newsphere by AF themes.