17/10/2021

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Berpacu Dengan Waktu TMMD Reg Ke-112 Ketapang

3 min read

KETAPANG, bidiknasional.com – Pecah kesunyian suasana desa yang begitu jauh jarak tempuhnya dari kota kecamatan, apalagi kota kabupaten, berubah kesunyian berganti dengan suasana bising mesin-mesin pengaduk semen.

Semenjak desa tersebut tiba-tiba kedatangan rombongan Satgas TMMD Reg ke-112 Kodim 1203/Ketapang.

Warga desa Riam Bunut menyambut kedatangan Satgas TMMD saat itu dengan penuh suka cita.

Berpacu dengan waktu warga bersama Satgas TMMD dari Kodim 1203/Ketapang terlihat begitu kompak dan sinergi.

Warga desa Riam Bunut kecamatan Sungai Laur, kabupaten Ketapang riang gembira membantu anggota Satgas TMMD, untuk melakukan pekerjaan pengecoran badan Jalan.

Betapa tidak terkagum warga desa Riam Bunut, tiba-tiba saja desa mereka di serbu oleh Satgas TMMD, namun diserbu dengan sebuah kegiatan TMMD.

• Brigjen TNI Dr.Ronny, TMMD Bagian dari Pertahanan Semesta

Danrem 121/Abw Brigjen TNI Dr. Ronny, S.A.P,. M. M, menguraikan tentang program TMMD adalah salah satu implementasi dari tugas operasi militer selain perang.

“Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta,” jelas Jenderal putra asal kabupaten Ketapang tersebut pada Rabu (22/9/2021).

Selain itu, dijelaskannya bahwa, TMMD juga membantu pemerintah di daerah dalam percepatan pembangunan yang dilaksanakan melalui kegiatan gotong royong bersama masyarakat.

Setelah waktu itu dilakukannya pembukaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 Tahun 2021, oleh Wakil Bupati Ketapang, H. Farhan SE., Msi.

Dihadiri pula oleh, Danrem 121/Abw Brigjen TNI Dr. Ronny, S.A.P,. M. M, yang pada waktu itu diwakili oleh Kasiter Korem 121/Abw Kolonel Inf Daniel Edgar Syaloom Lalawi.

Acara pembukaan, yang berlangsung di Aula Makodim 1203/Ktp Jl. Letjend S. Parman, kecamatan Delta Pawan, kabupaten Ketapang, provinsi Kalbar pada Rabu 15, September, 2021 yang lalu.

Program TMMD Reguler Ke-112 Tah7un 2021, merupakan wujud kerjasama TNI dengan Pemerintah Daerah serta Komponen masyarakat.

Lanjut Danrem bahwa, TMMD bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di suatu wilayah.

Hal Ini katakan Danrem merupakan wujud komitmen moral TNI dengan pemerintah serta Komponen masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“khususnya bagi masyarakat yang menjadi sasaran TMMD”, ungkap pimpinan utama di Korem 121/Abw.

• Berpacu Dengan Waktu Kejar Target

Tampak dari pantauan di lapangan saat ini Satgas TMMD Kodim 1203/Ketapang sedang mengejar waktu untuk melakukan berbagai kegiatan fisik.

Salah satu dari kegiatan fisik yaitu, Pembangunan jalan rabat reton sebanyak 4 titik sepanjang 1KM.

Warga desa Riam Bunut tidak mau ketinggalan bersama Satgas TMMD mereka bahu-membahu ikut bekerja.

Terlihat juga pembangunan gorong-gorong 2 Buah yang juga sebagai sarana penunjang bagi saluran air agar jalan menjadi awet karena saluran air tidak tergenang.

Sangat cekatan anggota Satgas TMMD meracik komposisi dan perbandingan semen, pasir dan batu koral untuk dijadikan adonan yang digunakan untuk membuat cor beton.

Satgas TMMD Sertu Gunadi menjelaskan, salah satu faktor terpenting kwalitas dan ketahanan bangunan bukan hanya teknik pengecorannya saja yang harus dilakukan dengan benar, namun juga pada adonan yang digunakan untuk membuat cor beton tersebut.

Dia katakan, keterampilan tersebut tentunya harus dikuasai oleh anggota satgas TMMD tujuannya supaya mendapatkan hasil kerja yang baik.

• Berpacu Dengan Waktu Kejar Target

Berikan Dampak Kemajuan Bagi Desanya, Warga Apresiasi TMMD Reguler Ke-112, Kodim 1203/Ketapang.

Warga desa Riam Bunut sangat mengapresiasi kinerja Satgas TMMD terlihat begitu gigih tak kenal lelah.

Diungkapkan oleh Guriyadi Kepala dusun Bumbung Raya, desa Riam Bunut selama ini warganya tidak pernah menyangka jika desa tersebut akan mendapatkan sentuhan kegiatan TMMD Reg ke-112.

“Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi kepada Pemkab Ketapang dan TNI yang sudah merespon keadaan kami yang kurang infrastruktur,” ujar Guriyadi.

Mewakili warga dirinya sampaikan rasa syukur dengan program TMMD ini memberikan dampak kemajuan bagi desanya.

“Warga desa Riam Bunut sangat bersyukur pembangunan jalan rabat beton ini sudah mulai tampak hasilnya,” kata Pak Kadus tersebut.

Sertu Hamdan, Babinsa desa Riam Bunut, yang saat itu berada di lokasi pembangunan jalan rabat beton Jalan Pramuka III dusun Bumbung Raya, desa Riam Bunut sangat bangga melihat kondisi desa binaannya.

Saat sambil istirahat, usai mengerjakan bangunan tersebut, sambil menikmati secangkir kopi, dirinya juga mendengar ucapan warga yang mengaku desanya merasa diperhatikan melalui program TMMD.

Dengan kekompakan antara Satgas TMMD bersama warga desa binaannya pelaksanaan kegiatan fisik ini bisa selesai tepat waktu dan sukses

“TNI dapat memberikan yang terbaik kepada masyarakat guna pemerataan pembangunan di wilayah,” kata Hamdan.(Rls/Fyan/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Enesysone Group Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.