KALTENGMURUNG RAYA

Ketua DPRD MURA : Jangan Takut Melaporkan Kades Jika Terbukti Menyalahgunakan Anggaran

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura), Doni

MURUNG RAYA, bidiknasional.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura), Doni mengajak masyarakat untuk tidak takut melaporkan Kepala Desa (Kades) yang bermasalah kepada pihak terkait. Apalagi, berkaitan dengan penyalahgunaan anggaran desa seperti yang bersumber dari dana desa (DD).

“Saat ini Kades rentan melakukan penyimpangan terhadap DD yang melibatkan setiap kepala desa tersandung hukum. Masyarakat agar bisa melaporkan kepada pendamping desa. Dengan demikian, fungsi pendamping akan lebih terlihat. Jika takut, laporkan langsung kepada aparat yang berwenang,” ungkap Doni, Selasa 21 September 2021.

Menurut politisi PDI- Perjuangan ini, melaporkan kecurangan kepala desa merupakan sebuah kewajiban. Pasalnya, uang yang disalurkan untuk desa merupakan anggaran untuk kepentingan bersama masyarakat desa masing-masing.

Selain itu, Doni meminta kepada para pendamping desa untuk terus giat mengawasi kepala desa sesuai tupoksinya. Karena, dengan adanya pendamping desa diharapkan bisa melakukan control pembangunan maupun perencanaan di desa sesuai dengan anggaran APBDes.

“Jika ada kepala desa yang melakukan penyimpangan terkait dengan bantuan seperti BLT-DD, pihaknya wajib meminta untuk mengembalikan dana tersebut,” pungkasnya.(Efendi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button