17/10/2021

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Pemdes Kebundalem Bagikan Bantuan Kanggo Riko Guna Pulihkan Ekonomi

2 min read

BANYUWANGI, bidiknasional.com – Program Kanggo Riko ( Untuk Anda-red ) menjadi senjata pemulihan ekonomi di Banyuwangi. Kali ini, Pemdes Kebundalem menyalurkan bantuan Untuk Anda, Rumah Tangga Miskin ( RTM ).

Pembagian bantuan tersebut secara simbolis oleh Kabid DPMD Kabupaten Banyuwangi dan Kades Kebundalem Iksan, Rabu (22/09/2021).

Yudi Kabid DPMD Banyuwangi saat memberikan sambutan mengatakan, Pemkab Banyuwangi berbagai cara mendorong pemulihan ekonomi, salah satunya yaitu melalui program Kanggo Riko yakni memberikan bantuan alat usaha produktif gratis ke warga, yang dialokasikan dari dana APBD melalui Alokasi Dana Desa.

Penyaluran bantuan alat usaha gratis ini merupakan salah satu dari sejumlah program pemulihan ekonomi yang telah dan akan terus dijalankan Pemkab Banyuwangi.

Lebih lanjut, Dalam program tersebut, bantuan dengan nilai setara Rp 2,5 juta diberikan kepada rumah tangga miskin, disesuaikan dengan kebutuhan usaha mereka. Diutamakan penerima adalah perempuan yang menjadi kepala keluarga.

Program Kanggo Riko memberikan bantuan alat usaha produktif ini dibagi dalam sejumlah kluster. Ada yang bersumber dari APBD Banyuwangi melalui Alokasi Dana Desa (ADD).

“Bagi penerima manfaat program Untuk Anda semuga bisa membantu ekonomi keluarga dan bisa meningkatkan kesejahteraan nya, ” pungkasnya.

Kades Kebundalem menambahkan, Jumlah penerima manfaat program tersebut 40 rumah tangga miskin ( RTM) terutama yang punya usaha rumahan antara lain warung kuliner, penjual cilok/ pentol, Bakso, tambal Ban, dan jual Bunga dll.

Program ini diperuntukkan untuk 40 orang tiap satu desa.Anggarannya Rp 100 juta tiap desa dibagi untuk 40 orang utamanya kepala keluarga perempuan. Bantuannya bukan berupa uang, namun alat usaha sesuai kebutuhan penerima.

Lebih lanjut, penerima bantuan juga diutamakan mereka yang belum menerima bantuan sosial lain dari pemerintah. Penerima berasal dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diseleksi.

Dengan harapan, “Bagi warga yang menerima manfaat program Kanggo Riko bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, serta meningkat kesejahteraan nya,” pungkas Kades Ikhsan. (Jojo BN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Enesysone Group Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.