17/10/2021

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

PERDANA, FESTIVAL JONG LAYO PANTAI KETAPANG DESA SUNGAI CINGAM KECAMATAN RUPAT

2 min read

Festival Jong Layo Pantai Ketapang Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat  

PANTAI KETAPANG, RUPAT BENGKALIS, bidiknasional.com – Festival Budaya Bahari Pantai Ketapang desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis tahun 2021 diadakan permainan tradisional, salah satunya adalah permainan jong layo.

Seperti diketahui, cara memainkan Jong layo adalah dengan mengandalkan tiupan angin yang kencang. Biasanya para pehobi jong memilih lokasi pantai untuk menguji ketangguhan jong miliknya. Jong dibawa dan diletakkan di atas laut, kemudian dilepaskan begitu saja.

Acara tersebut disponsori oleh Bumdes Cingam Jaya Setia Irawan sebagai direktur dan dilaksanakan oleh anggota LAM desa sungai cingam yang di ketuai Adnan AZ.

Permainan jong layo dilaksanakan selama 2 hari, 18 – 19 September 2021.

Peserta komunitas jong layo dari kecamatan Rupat dan ada juga peserta dari kabupaten Bengkalis.
Dewan juri 3 orang di ambil dari Bengkalis. Para juara akan mendapatkan tropy dan uang tunai.

Pada hari pertama di turunkan sebanyak 60 peserta untuk kategori jong layo sedang, hari minggu di turunkan sekitar 50 buah dalam kategori jong layo besar.

Kades Sungai Cingam Jamil S.Pdi , Komandan Pos AL Selat Morong Serka Mujito , Direktur Bumdes Cingam Jaya Setia Irawan

Pembukaan di hadiri oleh kades Sungai Cingam Jamil, spdi,
kepala pos AL selat morong, Serka Mujito, Ketua BPD Kusnan, Direktur Bumdes Cingam Jaya Setia Irawan, Ketua LAM Adnan Z, panitia dan seluruh peserta.

Setia Irawan yang akrab disapa Iwan kepada bidiknasional.com menyebutkan,” sebenarnya hari ini ( 19/09 ) acara selesai , tapi karena terkendala cuaca, hanya untuk jong layo kategori sedang saja yang selesai dan untuk kategori jong layo besar akan di lanjutkan hari senin besok.
Hari ini baru siap kategori jong sedang,
Juara 1 dari desa Muntai Barat Bengkalis, Juara 2 dari desa sungai cingam, juara 3 dari desa Sungai Cingam dan juara Harapan 4 dari desa Kuala Alam Bengkalis,” urainya.

Setia Irawan berharap, kedepanya acara ini bisa terus berlanjut karena peminat jong di pulau Rupat cukup banyak. ” dengan kegiatan ini kami bisa menyalurkan hobi dari komunitas tersebut,” jelasnya.

Disamping itu tambah Irawan,” ini adalah salah satu permainan tradisional orang kita melayu yang tinggal di pesisir pantai , ini cukup menarik bisa untuk melestarikan budaya berupa jong layo di pulau Rupat dan juga bisa menambah minat wisatawan untuk datang ke pantai ketapang desa sungai cingam kecamatan Rupat,” ujarnya.

irawan menjelaskan,” ini tentu manfaatnya cukup besar untuk meningkatkan PADes di desa.
Dan juga besar harapan kami kegiatan-kegiatan positif seperti ini bisa menjadi perhatian khusus dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkalis kedepannya,” harap Setia Irawan. (Edysbr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Enesysone Group Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.