ACEHSINGKIL

Bimtek Di Daerah Sendiri, DPD Aceh LSM-P Noorwangsanegara Apresiasi DPMK Kab. Aceh Singkil

SINGKIL, bidiknasional.com – Bimbingan Teknis ( BIMTEK) adalah suatu Kegiatan dimana para peserta diberi pelatihan – pelatihan yang bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi peserta dimana materi yang diberikan meliputi membangun tim kerja Efektif, Teknik Komunikasi dalam konteks Pelayanan Prima, Survey indeks kepuasan masyarakat.

“Sedangkan Bimtek Siskeudes merupakan program yang biasa di ikuti oleh pejabat desa dengan tujuan untuk memudahkan dalam pelaporan keuangan desa. Penggunaan sistem informasi yang kurang efektif akan berdampak negatif pada kinerja dan mutu pelayanan orgasnisasi sektor publik pada masyarakat,”Jelas Sabirin Siahaan Kepada bidiknasional.com, Selasa 5 Oktober 2021.

“Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) merupakan Aplikasi Andalan bagi perangkat desa dalam mewujudkan tata kelola keuangan desa yang akuntabel dan berkualitas. Untuk itu, setiap perangkat desa yang diwakili oleh operator Siskeudes wajib dibekali materi dalam mengoperasikan aplikasi tersebut. di tambah lagi kini aplikasi tersebut sudah memasuki versi terbaru 2.0.3 yang diharapkan akan makin memudahkan operator Siskeudes dalam melaksanakan pengelolaan keuangan di desa.

Sabirin mengatakan ,”Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) versi 2.0.3 telah di rilis pada tanggal 10 Nopember 2020 dan di launching oleh Kementerian Dalam Negeri pada tanggal 17 Nopember 2020 serentak dan dilakukan melalui daring di Seluruh Indonesia melalui Aplikasi Zoom, acara di isi materi oleh Kemendagri, Kemendes dan BPKP RI.

Terkait pelaksanaan Bimtek, ada sesuatu hal yang unik di Kab. Aceh Singkil yang di unggah oleh seseorang melalui akun media sosialnya sepekan yang lalu sembari menuliskan ” Alhamdulillah.. Bimtek pelaksanaan pelatihan aplikasi selesai setelah tiga hari pelaksanaannya, See you next time. Dari berbagai desa sekabupaten Aceh Singkil Gelombang II.” Tulisnya

Acara pelaksanaan Bimtek Aplikasi Siskeudes Versi 2.0.3 dilaksanakan di daerah oleh DPMK Aceh Singkil, gedung Bappeda di ikuti oleh seluruh desa dengan diwakili satu orang/desa. Ujarnya saat pemilik akun tersebut dikonfirmasi Ketua LSM-P Aceh Noorwangsanegara, Senin (4/10/2021), 10.30 Wib pagi.

Memperhatikan derasnya keritikan terhadap sejumlah desa yang melaksanakan Bimtek di luar daerah, justru sejumlah desa di Kab. Aceh Singkil memilih melaksanakan Bimtek di daerah yang difasilitasi oleh DPMK Kab. Aceh Singkil. Ini sesuatu yang Spektakuler dan patut dicontoh oleh Desa-desa lain di Kab/Kota lainnya, apalagi saat ini perekonomian masyarakat desa agak sulit imbas pamdemi Covid-19. Selain itu, memilih Bimtek di Daerah merupakan wujud kepedaulian Pemdes dan Pemda untuk memutus rantai penularan Corona Virus. Ujarnya.

Semuanya. Baik para Kades, para Camat, dan Kadis DPMK nya patut dan sudah selayaknya kita Aprsiasi. Semoga ilmu yang didapat oleh utusan masing – masing desa dapat di implementasikan dengan baik dalam pengelolaan keuangan di desa masing-masing. Pungkasnya Sabirin Siahaan memotivasi. (Roni syahreni)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button