08/12/2021

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Banyak Gagal Seleksi PPPK Guru Tahap Pertama, Kadisdikbud Aceh Singkil Sebut Masih Ada Kesempatan

3 min read

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil Khalilullah

SINGKIL, bidiknasional.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Singkil mencatat sebanyak 509 formasi yang dibuka untuk mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK-Guru) dengan jumlah pelamar sebanyak 614, tercatat sebanyak 112 Guru honorer dinyatakan lulus yang di umumkan pada jum’at 08/10/2021 lalu, melalui Zoom meeting.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, Khalilullah, Kamis (14/10/2021) di Kantor.

Khalilullah mengatakan bahwa pada tahap pertama tes seleksi PPPK Guru total prosentase kelulusan hanya 22 persen dan untuk skala nasional rata-rata kelulusan hanya 30 persen.

Dikatakan, dari 14 bidang studi yang dibuka terdapat 2 bidang studi yang masih kosong yaitu bidang studi Seni Budaya dengan jumlah pelamar 9 dan IPA 4 pelamar.

“Jadi sesulit apapun tes atau soal yang diberikan memang harus dijawab, karena guru guru yang kita rekrut ini, ya memang harus berkualitas, salah satu dia itu guru berkualitas bisa menguasai dan menjawab soal soal dengan benar berarti dia menguasai materi materi,”ujarnya.

Namun, ia menyebut bahwa untuk pelamar yang tidak lulus seleksi PPPK- Guru pada tahap pertama ini jangan dulu berkecil hati.

Sebab lanjutnya, masih ada peluang yang masih terbuka pada tahap kedua dan tahap ketiga. Akan tetapi ada sedikit perbedaan pada tahap seleksi baik yang kedua maupun yang ketiga.

“Bila tidak lulus tahap pertama, maka lanjut tahap kedua untuk mengikuti tes kompetensi itu dan bila tidak lulus juga akan masuk tahap ketiga,” sebutnya.

Ia merincikan pada tahap tes kedua seleksi PPPK- Guru hanya perbedaan antara sekolah induk dan non induk.

” Cuma perbedaannya kalau tahap kedua, peserta yang gagal nanti akan bersaing dengan yaitu boleh pindah dari formasi bukan lagi dari disekolah induknya, misalnya kesekolah lain,” Jelasnya.

Sedangkan perbedaan seleksi tahap tiga terdapat kelonggaran umum yaitu peserta dari sekolah swasta bisa ikut, Guru muda dengan modal sertifikat pendidik juga bisa ikut pada saat seleksi tahap tiga.

” Malah tahap ketiga akan bersaing dari sekolah sekolah swasta dan guru guru yang tidak di terdaftar di dapodik tapi dia mempunyai sertifikat pendidik, dan tahap ketiga tidak ada pembukaan pendaftaran lagi tapi mereka yang sudah terdaftar, cuma kita belum tahu persisnya,” jelasnya.

“Tapi tahap tiga ini belum bisa dibuka pilihan formasi namun dia sudah daftar. Karena tahap ketiga nanti dia baru bisa ikut tes dan kita tidak bisa cek sekarang ini (linknya), siapa saja yang mendaftar,” tambahnya.

Sementara saat ini pihak Disdikbud menuai kritik, kritik tersebut datang dari salah satu peserta yang ikut seleksi, peserta tersebut mengunggah hasil ujiannya melalui media sosialnya miliknya, menunjukkan bahwa ia memperoleh nilai yang cukup tinggi, namun dinyatakan tidak lulus.

Menanggapi hal tersebut Khalilullah mengatakan bahwa pertama kritik itu akan mereka tindak lanjuti. Namun, ada beberapa hal yang perlu di garis bawahi bahwa ketentuan kelulusan seleksi tahap pertama itu adalah bahwa yang di prioritaskan itu sekolah induk, bukan non induk.

Maksudnya, jelas Khalilullah Sekolah Induk itu merupakan guru yang sudah lama mengabdi disekolah, sedangkan non induk bukan guru di sekolah tersebut. Walaupun nilai yang non induk lebih tinggi dari pada sekolah induk, akan tetapi sesuai juknis sekolah induklah yang diutamakan.

” Jadi yang tadi itu, sarannya baca lagi juknis aturan dan jangan dulu putus asa karena masih ada peluang tahap dua dan tahap ketiga. Yang terakhir semoga diakomodir sistem perengkingan sehingga ada tempat,”pungkasnya.

Sebelumnya jadwal tes seleksi PPPK-Guru tahap kedua direncanakan pada akhir bulan Oktober atau awal bulan November dan tahap ketiga tes seleksi PPPK-Guru direncanakan sebelum akhir bulan Desember. Namun, jadwal tanggal untuk tes belum bisa dipastikan. (Roni.S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Enesysone Group Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.