29/11/2021

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Inisiatif Berkelanjutan Satgas TMMD Peduli Sarana Pendidikan Usia Dini

3 min read

TPA An-Nur saat awal direnovasi

KALBAR,bidiknasional.com – Salah satu mahakarya adalah Insiatif yang keberlanjutan harus semakin digencarkan oleh semua pihak, yaitu yang berkaitan dengan pendidikan usia dini. Gagasan ini harus diikuti dengan komitmen dan wujud nyata, baik dalam hal sarana dan prasarana untuk pendidikan anak usia dini.

Salah satunya oleh TNI Manunggal Membangun Desa TMMD yang menggaungkan inisiatif berkelanjutan, yakni berkaitan dengan itu Satgas TMMD Reg Ke-112 Kodim 1203/Ketapang merenovasi bangunan TPA An-nur di desa Riam Bunut, kecamatan Sungai Laur, kabupaten Ketapang. provinsi Kalbar.

Seperti yang disampaikan Danrem 121/Alambhana Wanawai (Abw) Brigjen TNI Dr.Ronny, S.A.P, M.M melalui Kapenrem 121/Abw Mayor Inf Supriyono, satu langkah kecil keteladanan, akan memberikan kebaikan yang besar di masa akan datang.

‘Demikian wujud nyata kepedulian TNI terhadap perkembangan generasi penerus bangsa ini,” papar Mayor Inf Supriyono pada Kamis (14/10/2021) yang lalu.

Pada kegiatan TMMD ini pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan fisik dan non fisik, berkait dengan non fisik berbagai macam jenis penyuluhan juga dilaksanakan. Namun demikian tidak kalah penting dengan sarana pendidikan anak usia dini yaitu TPA An-nur.

“Sudah kami laksanakan kali ini dengan merenovasi bangunan TPA An-nur di desa Riam Bunut, tujuannya agar anak-anak lebih betah untuk belajar karena tempat ini menjadi bagus,” terang Kapenrem menyampaikan seperti apa yang disampaikan oleh Danrem 121/Abw tersebut.

• TNI Dorong Pertahanan Semesta Dari Sejak Dini

Renovasi TPA An-Nur

Alasan utama satgas TMMD menjadi bagian pendorong perkembangan dari generasi bangsa Indonesia adalah karena TNI lahir dari rakyat di negeri Indonesia. Maka TNI harus senantiasa mempertahankan kemanunggalan dengan rakyat.

Modal utama tetap tegaknya NKRI tidak lepas dari upaya peningkatan pertahanan semesta. Pertahanan Semesta harus dibangun dari generasi bangsa Indonesia.

Antara lain adalah, upaya untuk selalu perduli dengan dunia pendidikan terutama pendidikan anak usia dini agar bangsa Indonesia ini kelak tumbuh generasi yang tangguh.

Persatuan sebagai bangsa ini dapat tercermin dari satgas TMMD bersama warga bahu-membahu bekerja keras untuk menyelesaikan sasaran kegiatan TMMD tersebut.

Seperti diceritakan oleh ketua kelompok kerja dari satgas TMMD Serda M. Nur mengatakan, saat pertama kali memulai pengerjaan TPA An-nur untuk mempercepat pelaksanaan bekerja, sebelum pekerjaan dimulai pihaknya bagi tugas anggota satgas dan warga.

“Saat itu ada yang fokus bekerja di bangunan gedung dan juga halaman luar, tujuannya agar pekerjaan tuntas pada waktunya,” jelas Serda M.Nur saat itu.

Shobirin, salah satu warga yang waktu itu ikut bekerja di lokasi TPA An-nur mengaku senang serta memberikan apresiasi atas kepedulian satgas TMMD terhadap sarana pendidikan nonformal seperti ini.

Alhamdulillah nantinya anak-anak kami dapat belajar ilmu agama dengan nyaman,” tuturnya dengan rasa haru.

• Akhirnya Pengerjaan TPA An-nur Selesai 100 persen

TPA An-Nur setelah direnovasi

Melalui proses yang tidak terlalu lama hampir 1 bulan akhirnya TPA An-nur dapat diselesaikan dengan baik dengan kondisi yang sangat bagus untuk dipandang mata.

Diungkapkan oleh Peltu Achmad Kondori Pj. Danramil 1203-05/Sei Laur
bahwa, semangat gotong-royong dan kerja sama antara personel satgas bersama masyarakat nyatanya membuahkan hasil yang optimal.

Ia berpesan kepada masyarakat, agar gedung TPA An-Nur ini senantiasa dijaga, dirawat dan dipelihara dengan baik, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama kenyamanan anak-anak dalam menuntut ilmu agama,” pungkasnya.

Ustadz Sholihin selaku pengajar TPA An-Nur akhirnya dapat bernafas lega. Pasalnya sarana pendidikan untuk anak-anak telah selesai dikerjakan.

Atas nama dirinya juga warga desa Riam Bunut mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI terutama kepada Dansatgas TMMD Reg Ke-112 Kodim 1203/Ketapang, Korem 121/Alambhana Wanawai, Kodam XII/Tanjung pura.

“Bagaimana cara saya harus mengucapkan rasa terima kasih karena sebelum kegiatan TMMD di desa Riam Bunut, TPA An-nur ini tidak seperti sekarang,” ujarnya.

Di saat turun hujan halaman gedung TPA begitu licin, Ia merasa iba disaat anak-anak melewatinya. Saat ini sudah mulai bagus dan indah serta nyaman.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah peduli dengan pendidikan anak usia dini semoga menjadi bekal amal bapak-bapak TNI semua,”pungkasnya.

(Fyan/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Enesysone Group Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.