JATIMSURABAYA

Menduduki Peringkat Tiga PON XX, Sekdaprov Heru Sambut Kepulangan Kontingen Jatim

SURABAYA,bidiknasional.com – Plh. Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono secara resmi menyambut kepulangan Kontingen Jawa Timur usai berlaga di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua di Gedung VIP Room, T1 Bandara Internasional Juanda Sidoarjo, Sabtu (16/10) malam.

Mantan Bupati Tulungagung itu menyambut kepulangan Kontingen PON Jatim sebanyak 282 orang. Ke-282 atlet dan official tersebut merupakan kloter kepulangan terakhir kontingen Jatim yang tiba pada pukul 22.30 WIB dari 5 jadwal penerbangan yang berbeda.

Mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Sekdaprov Heru menyambut kepulangan para atlet dan official dengan mengalungkan bunga melati kepada para patriot olahraga Jatim yang dikomandani oleh Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jatim Supratomo.

Kontingen PON Jatim sendiri, selama 2 minggu berlaga menduduki peringkat tiga besar perolehan medali. Total medali yang diperoleh sebanyak 287 medali dengan rincian 110 medali emas, 89 medali perak dan 88 medali perunggu.

Heru pun mengapresiasi segala prestasi, totalitas serta sportivitas yang telah dijunjung tinggi oleh para atlet dan official selama berlaga di PON XX/2021 Papua sejak 2-15 Oktober 2021.

“Terima kasih atas kerja keras dan totalitas mereka selama berlaga. Alhamdulillah, seluruh atlet yang kembali ke Jatim seluruhnya dalam keadaan sehat wal afiat,” kata Heru.

Menurut Heru, serangkaian penyambutan tersebut merupakan perhatian khusus yang diberikan Pemprov Jatim kepada para atlet atas perjuangannya berlaga di ajang PON XX/2021 di Papua. Termasuk seluruh official yang juga ikut berjuang membawa nama harum Jatim.

“Perhatian khusus ini tentunya bukan hanya untuk atlet. Melainkan keseluruhannya. Official, pelatih juga termasuk. Sekali lagi terima kasih atas kerja kerasnya,” ungkap Heru dengan bangga.

Kedepan, Heru berharap, prestasi dan capaian membanggakan yang telah diraih agar bisa terus dipertahankan.

“Semoga kedepannya prestasi membanggakan ini selalu didapatkan oleh Jatim, aamiin,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pemprov Jatim yang telah memperhatikan kontingen PON Jatim. Meski di hari terakhir tersalip posisi perolehan medali oleh kontingen DKI Jakarta, kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat para atlet Jatim.

“Karena apa, perolehan medali emas Jatim sama dengan perolehan DKI Jakarta. Dilihat dari jumlah atlet pun Jatim mengirimkan 543 atlet sedangkan DKI Jakarta mengirimkan sekitar 750 atlet. Terlihat bahwa atlet Jatim ini sangat produktif,” terang Erlangga.

Capaian tersebut, menurutnya sudah maksimal. Dirinya berjanji, di PON XXI/2024 mendatang, akan melakukannya persiapan yang lebih matang lagi.

“Kami akan bekali dengan persiapan lebih matang agar prestasi bisa ditingkatkan dan tentunya kita sangat berharap Jatim bisa menjadi tuan rumah PON kedepannya,” harapnya.

Sementara terkait bonus yang akan diberikan untuk para atlet, Kadispora Jatim Supratomo menyampaikan, bahwa Pemprov Jatim telah memberikan bonus mentas yang diberikan secara langsung di lapangan.

“Nah untuk bonus medalinya akan disampaikan oleh Ibu Gubernur dan Pak Sekda di pembahasan APBD 2022,” katanya.

“Yang jelas kami sangat bangga atas capaian ini. Karena tujuannya kami ingin pulang dengan sehat, selamat. Prestasi adalah bonusnya,” pungkas Supratomo.

Seusai melakukan persyaratan kembali ke Surabaya, ke-282 atlet dan official akan dilakukan karantina selama 5 hari. Mereka sekaligus akan dilakukan cek kesehatan secara berkala. Karantina tersebut dilakukan sesuai Surat Edaran (SE) Pemkot Surabaya tentang Pelaksanaan Karantina bagi atlet dan official asal Surabaya, Jawa Timur, yang berlaga di ajang PON XX/2021 Papua.

Lokasi karantina yang disiapkan yakni di Hotel 88 Jl. Embong Malang, Hotel 88 Jl. Kedungsari dan Hotel 88 Jl. Embong Kenongo Surabaya. (dji)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button