JATIMTRENGGALEK

LGMI DPW II Trenggalek Bersama Paguyuban APM Panggul Laksanakan Program Pengembangan Desa Wisata Terpadu

TRENGGALEK, bidiknasional.com –  Lembaga Garuda Muda Indonesia (LGMI) DPW II Trenggalek bersama Paguyuban Aliansi Peduli Masyarakat (APM) Kecamatan Panggul, melaksanakan progam Pengembangan Desa Wisata Terpadu, Sabtu (23/10/2021).

Kegiatan tersebut meliputi penyisiran sepanjang sungai perbatasan laut untuk menentukan letak terminal utama dan akhir salah satu lokasi yang kedepannya di jadikan Wisata Air Sungai di wilayah Kecamatan Panggul dengan menggunakan perahu nelayan sekitar.

Sasaran dari program tersebut tidak hanya itu saja, akan tetapi masih ada lokasi lagi yang akan di jadikan sebagai tempat wisata dan penghijauan, salah satunya adalah Wisata Alam Sendang Banyuripan.

Selain dapat di jadikan tempat wisata , harapan kedepannya sendang atau sumber mata air tersebut dapat memenuhi kebutuhan warga sekitar .

Imam Bachrudin, S.E. selaku Ketua LGMI DPW II Trenggalek menjelaskan,” Harapan kami , tempat wisata tersebut akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar di tengah masa pandemi Covid-19 dan menjadi dasar masyarakat agar lebih peduli terhadap alam dan lingkungan sekitar .

“Apabila Wisata Air Sungai dan Wisata Alam Sendang Banyuripan ini sudah berjalan maka kami yakin, selain dapat menciptakan sumber ekonomi masyarakat di tengah masa pandemi dengan sendirinya masyarakat akan lebih peduli terhadap lingkungan dan turut serta dalam menjaga kelestarian alam,” jelasnya.

Untuk selanjutnya sambungnya,” kami akan berkoordinasi dengan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kecamatan Panggul beserta pihak-pihak terkait untuk saling bersinergi agar apa yang di cita-citakan selama ini dapat segera terealisasi,” ungkapnya.

Menurut kami kata dia,” selain menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat untuk memulihkan ekonomi karena terdampak pandemi Covid-19, progam tersebut juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dan alam sekitar,” jelasnya.

“Karena saat kami menyusuri di lokasi pertama sepanjang Wisata Air Sungai dan mendatangi lokasi kedua di Wisata Alam Sendang Banyuripan ,terdapat banyak sekali sampah atau limbah yang berserakan dimana-mana.”Pungkasnya, Imam Rifai, S.Ag. selaku Ketua Kordinator Paguyuban A.P.M Panggul . (Ingga/Dedi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button