LAMPUNG BARAT

MENPAREKRAF SANDIAGA SALAHUDDIN UNO BUKA FESTIVAL SEKALA BEKHAK KE VII LAMBAR

LAMPUNG BARAT, bidiknasional.com –  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno,Senin 25-10-2021 melalui Video Conferensi/Virtual membuka secara resmi Event bergengsi di Bumi Beguai Jejama Sai Betik,Bumi Sekala Bekhak Lampung Barat.Even dimaksud adalah Festival Sekala Bekhak (FSB( .Untuk FSB tahun 2021 ini adalah yang ketujuh kalinya.

Festival Sekala Bekhak merupakan ajang tahunan Pemkab Lampung Barat yang bertujuan untuk menggali, melestarikan dan mempromosikan seni budaya,tradisi dan adat istiadat yang asli di bumi Sekala Bekhak. Sehingga berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke Lampung Barat yang tentunya berpengaruh besar terhadap kesejahteraan masyarakat.

Pada tahun 2021 Festival Sekala Bekhak menjadi satu-satunya festival dari Provinsi Lampung yang masuk Calender of Event nasional, menjadi salah satu event dari beberapa festival besar di indonesia yang ditetapkan oleh kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, ini merupakan prestasi dan kebanggaan bagi kita semua, dan merupakan apresiasi dari pemerintah pusat.

Dalam rangkaian festival Sekala Bekhak terdapat beragam kegiatan yang digelar dengan tetap mempertahankan tradisi dan kearifan lokal, inilah salah satu pembeda dari Festival Sekala Bekhak dengan festival-festival lain di negeri ini.

Kegiatan kharisma Even Nusantara Festival Sekala Bekhak kali ini dipusatkan di lingkungan Kebun Raya Liwa (KRL), Pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit, Senin 25-10-2021.

Hadir kegiatan secara langsung Bupati Lampung Barat (Lambar) Hi. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lambar, Dekranasda Provinsi Lampung, Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lambar Partinia Parosil Mabsus, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Lambar Gurti Komarawati, Sekretaris Daerah Lambar, Akmal Abdul Naser, Staf Ahli, para Assiten, Kepala Perangkat Daerah Lambar, Camat Balik Bukit, Forum Backstragers Indonesia DPD Lampung, Dir Poltekpar Palembang, Masata Lampung Barat, Genpi Lambar, PHRI Lambar, Rumah Kreatif Lambar, Gerakan Literasi Daerah (GLD), HPI Lambar, Direktur Politeknik Negeri Lampung, Ketua Jurusan D3 Perjalanan Wisata Politeknik Negeri Lampung, Lembaga Adat Melayu Kota Jambi.

Sedangkan Peserta Webinar yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Republik Indonesia (RI) Sandiaga Salahuddin Uno melalui Video Conferensi/Virtual dan dihadiri Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Mukhlis Basri, Anggota DPR Provinsi Lampung Lesty Putri Utami, Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi yang dalam hal ini diwakili oleh Asissten bidang pemerintahan dan kesra Qhodratul Ihwan.

Festival Sekala Bekhak merupakan ajang tahunan Pemkab Lambar yang bertujuan untuk menggali, melestarikan dan mempromosikan seni budaya tradisi dan adat istiadat yang asli di bumi sekala bekhak. Sehingga berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke lampung barat yang tentunya berpengaruh besar terhadap kesejahteraan masyarakat.

Pada tahun 2021 festival sekala bekhak menjadi satu-satunya festival dari Provinsi Lampung yang masuk calender of event nasional, menjadi salah satu event dari beberapa festival besar di indonesia yang ditetapkan oleh kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif republik indonesia, ini merupakan prestasi dan kebanggaan bagi kita semua, dan merupakan apresiasi dari pemerintah pusat

Dalam rangkaian festival sekala bekhak terdapat beragam kegiatan yang digelar dengan tetap mempertahankan tradisi dan kearifan lokal, inilah salah satu pembeda dari festival sekala bekhak dengan festival-festival lain di negeri ini.

Bupati Lambar Parosil Mabsus.dalam sambutannya antaralain menjelaskan dengan terselenggaranya event FSB itu dapat membangkitkan sektor pariwisata dan budaya yang ada di bumi beguai jejama sai betik tersebut.

“Semoga event festival sekala bekhak akan membangkitkan semangat kita semua dalam membangun bumi sekala bekhak dari berbagai bidang utamanya dari sektor pariwisata dan budaya demi mewujudkan lampung barat yang lebih hebat dan sejahtera, lampung berjaya dan indonesia maju”harap Parosil.

Event festival sekala bekhak tersebut selain menjadi sebuah hiburan masyarakat, hal itu juga merupakan salah satu langkah upaya dalam melestarikan seni budaya dan mempertahankan warisan kepada generasi mendatang, (FIK)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button