17/10/2021

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Melalui 25 Program BMW, Bupati Winarti Salurkan Bantuan di Bidang Pendidikan

2 min read

TULANG BAWANG, bidiknasional.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang, kini kembali realisasikan 25 program Bergerak Melayani Warga (BMW) di bidang pendidikan tahun 2021. Bantuan tersebut berupa Laptop, Insentif guru di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Beasiswa siswa miskin berprestasi dan Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS).

Bantuan yang direalisasikan melalui 25 program BMW tersebut, sebagai bentuk perhatian Pemkab Tulang Bawang terhadap dunia pendidikan. Bantuan ini, diserahkan secara langsung oleh Bupati Tulang Bawang Dr. Hj. Winarti, SE, MH., di Kecamatan Gedung Aji Baru, Penawartama, Rawajitu Selatan dan Rawajitu Timur, Kamis 07 Oktober 2021, dilokasi yang telah ditentukan.

Dalam sambuatannya Bupati Winarti mengatakan, bahwa untuk bantuan yang disalurkan berupa Laptop di tahun 2021, sudah terealisasikan sebanyak 300 unit. Adapun dengan rincian penerima, mulai dari tingkat sekolah PAUD sebanyak 25 Unit, sekolah SD dengan jumlah 125 Unit dan SMP sebanyak 150 Unit.

“Jadi, total jumlah bantuan yang sudah terealisasikan, dari tahun 2018 sampai sekarang tahun 2021, telah direalisasikan sebanyak 1.350 Unit Laptop untuk sekolah. Dengan jumlah anggaran mencapai 6,89 Milyar lebih,” jelas Winarti Bupati perempuan pertama kali di Kabupaten yang berjuluk, Sai Bumi Nengah Nyappur.

Lebih lanjut Bunda Winarti sapaan akrabnya menyampaikan, bantuan Insentif bagi guru honorer juga di tahun 2021, sudah direalisasikan. Adapun Insentif guru honor mulai dari tingkat SD dan SMP sebanyak 1.118 orang penerima. Tiap penerima Insentif yang dibagi mendapatkan sejumlah Rp. 750.000, (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) per orangnya.

Sedangkan, guru PAUD sebanyak 555 orang penerima bantuan. Bagi penerima bantuan Insentif mendapatkan sejumlah Rp. 650.000, (Enam Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) per orang.

“Program ini, sudah berjalan sejak tahun 2019. Dengan jumlah penerima Insentif sama setiap tahunnya. Jumlah total anggaran hingga saat ini mencapai 3,59 Miliar,” urainya.

Pada kegiatan tahun 2021 ini, Bupati Winarti juga memberikan bantuan untuk program Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) bagi anak SD. “Tahun 2021 sudah direalisasikan untuk 51.123 siswa SD yang menerima PMTAS. Dengan total jumlah yang direalisasikan dari 2018 hingga sekarang sebanyak 204.003 siswa, dan total anggaran sudah mencapai 7,96 Milyar lebih,” ungkapnya.

Bupati Winarti juga menambahkan, bahwa bantuan untuk beasiswa, bagi siswa yang kurang mampu. Baik di sekolah Negeri maupun Swasta, pada tahun 2021 juga telah direalisasikan. Mulai dari tingkat SD, sebanyak 437 siswa penerima bantuan, tiap siswa mendapatkan sebesar Rp. 500.000, (Lima Ratus Ribu Rupiah) per siswa.

Dan di tingkat SMP sebanyak 229 siswa penerima bantuan, tiap siswa mendpatkan sebesar Rp. 750.000, (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) per siswa. “Dengan jumlah total yang sudah direalisasikan hingga sekarang, mulai dari tingkat SD sebanyak 1.370 siswa, dan tingkat SMP sebanyak 701 siswa penerima bantuan. Hingga kini, untuk jumlah total anggaran mencapai sebesar 1,17 Milyar lebih,” terangya.

Dikatakannya, selain tahun ini, Pemkab Tulang Bawang juga merealisasikan beasiswa untuk dijenjang Diploma (D III) Kebidanan, bagi siswa lulusan SMA yang kurang mampu. Maka kita bantu, untuk melanjutkan kejenjang perkuliahan di Poltekes Tanjung Karang.

Kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh Dandim 0426 Tulang Bawang, Kajari Tulang Bawang, Anggota DPRD Tulang Bawang, Kasat Pol PP, Kadis Kominfo, Kadis Pendidikan Tulang Bawang, Camat dan Uspika Kecamatan, Kepala Kampung, serta Kepala sekolah dan guru. (*Dra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Enesysone Group Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.