28/01/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

AKSI GOTONG ROYONG REBOISASI DAN PENGHIJAUAN MAGETAN DI WILAYAH KECAMATAN PANEKAN 

2 min read

MAGETAN, bidiknasional.com – Antisipasi  terjadinya tanah longsor dan banjir di berbagai wilayah, pemerintah Kabupaten perlu melakukan upaya Reboisasi atau penanaman kembali lahan gundul sebagai bentuk eksistemasi menjaga lingkungan.

Selain itu juga bentuk konsistensi pemerintah, dalam mengatasi dan mempertahankan wilayah seperti saat ini yg di programkan pemerintah kecamatan Panekan Kabupaten Magetan melalui GRRPM ( Gotong Royong Reboisasi dan Penghijauan Magetan) di tiap tiap wilayah se kecamatan Panekan secara serentak, Minggu (28/11)pagi.

Upaya pemerintah dalam mempertahankan lingkungan melalui progam penanaman penghijauan terus di gencarkan sehingga ke depan bisa meminimalisir terjadinya bencana tanah longsor dan banjir, khususnya di wilayah kecamatan Panekan.

Adapun jenis tanaman yg di siapkan pemerintah diantaranya adalah berupa bibit-bibit yaitu; Durian, Alpukat, Rambutan, Mangga, Jambu , Pohon Sengon, Pete, Beringin dan lain sebagainya.

Gotong royong reboisasi dan penghijauan ini melibatkan dari berbagai pihat unsur masyarakat dari mulai Perangkat Desa,Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama,Lembaga kemasyarakatan dari mulai tingkat (RT,RW,BPD,LPM,PKK).

Anggota Koramil tipe B 0804/03 Panekan hadir di tengah tengah masyarakat dalam mendukung progam pemerintah tentang reboisasi penanaman dan penghijauan.

Seperti yang di lakukan Babinsa Serda Priono Anggota koramil tipe B 0804/03 Panekan bersama masyarakat desa sidowayah bergotong royong dalam menanam jenis bibit tersebut yang di siapkan dari pemerintah daerah untuk ditanam di sekitar perkantoran, irigasi, lahan gundul, di pinggiran perkampungan yang  nantinya bisa berguna menahan serangan bencana tanah longsor dan berguna bagi kita dan anak cucu kita ke depannya.

“Semoga apa yang kita lakukan menjadi ladang amal kebaikan di masa mendatang dan berguna bagi masyarakat pada umumnya.semoga kedepannya kita bisa menikmati dan mewujudkan potensi wilayah se kecamatan panekan bisa bermanfaat dan tahan terhadap serangan tanah longsor dan lain lain,” tandas Babinsa Serda Priono. ( R.03/ Ashar )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

bidiknasional.com/by_boodysank@gmail.com | Newsphere by AF themes.