04/07/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Bupati Indramayu Apresiasi Pertamina Balongan Atas Panen Perdana Mangga Agrimania

2 min read

INDRAMAYU, bidiknasional.com – Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar mengapresiasi PT. Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balongan Indramayu yang telah berhasil mengembangkan bahkan memanen perdana varietas baru buah mangga jenis Agrimania.

Hal itu diungkapkan Bupati Nina Agustina ketika panen Mangga Agrimania bersama General Manager PT. KPI Unit Balongan Indramayu Diandoro Arifin bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu Rinto Waluyo beserta undangan lainnya. Panen perdana itu dilakukan di lahan Perumahan Bumi Patra Pertamina Balongan Indramayu, Kamis (2/12/21).

Bupati Nina Agustina mengatakan, pemerintah daerah akan mensupport adanya dukungan dari berbagai pihak yang ikut mengembangkan banyak varietas mangga di Indramayu. Salah satunya Mangga Agrimania yang ditanam melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diinisiasi oleh PT. KPI Unit Balongan Indramayu.

“Pastinya terimakasih banyak. Kita pemerintah kabupaten mensupport ada tambahan varietas baru. Dari adanya gedong gincu, cengkir dan sebagainya dan sekarang ada mangga Agrimania atau ‘Si Bongsor’,” katanya.

Bupati Nina Agustina berencana akan membuka dan memanfaatkan lahan kosong untuk digunakan tempat budidaya Buah Mangga Agrimania sebagai potensi unggulan Indramayu sekaligus menjadi tempat wisata baru pilihan masyarakat Indramayu.

“Insya Allah saya akan support, saya tanya ke Pak Sekda, kita punya lahan tidur tidak Pak. Kalau ada kita bikin lagi untuk mangga Agrimania dan Agrowisata dan support terus dari Pertamina untuk petani Indramayu dan juga Pemkab Indramayu,” tambahnya.

Sementara iti GM PT. KPI Unit Balongan Indramayu Diandoro Arifin menjelaskan, pihaknya memiliki 10 program CSR, salah satu di antaranya adalah mengembangkan Buah Mangga Agrimania di lahan operasi perusahaan dengan sistem pengelolaannya bekerjasama dengan petani binaan.

“Program ini diinisiasi sejak 2018. Kemudian dengan menanam 600 pohon Mangga Agrimania di lahan sekitar kita yang dahulu lahannya berupa lahan tidur. Kemudian dilakukan pengelolaannya dengan kelompok Wong Tanggul Ceblok (WTC). Nah, sekarang sudah berbuah stabil dan sudah 4 kali berbuah. Memang awal-awalnya tentu saja buahnya masih belum sempurna benar,” jelasnya.

Ia mengatakan, setiap kali panen Buah Mangga Agrimania, rata-rata bobotnya 1 kilogram/buah. Melihat potensi luar biasa ini telah disertifikasi dan memiliki hak paten, maka tertarik untuk menanamnya. Panen ini berkat kerjasama dan dukungan dari berbagai kelompok Agrimania di Indramayu

“Mangga Agrimania sudah disertifikasi juga sudah ada hak patennya. Jadi sudah dipatenkan oleh kelompok Agrimaniananya oleh Pak Haji Urip dengan nomor paten 251.32. Distantanak,” katanya.

Selanjutnya soal rasa, Buah Mangga Agrimania memiliki tekstur daging yang tebal dan manis sehingga berbeda dengan buah mangga unggulan lainnya yang berada di Indramayu.

“Jadi yang menyenangkan itu daging Buah Mangga Agrimania itu 80 persen, jadi mungkin selama makan mangga, lebih besar bijinya daripada daging mangga. Tapi kalau Agrimania ini lebih banyak dagingnya daripada bijinya,” ungkapnya. (Candra/rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

by boodysank/bidiknasional.com/bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.