JATIMNGAWI

REALISASI PEMBANGUNAN PAVINGISASI JALAN DESA KERSOHARJO KECAMATAN GENENG KABUPATEN NGAWI

NGAWI, bidiknasional.com – Padat Karya Tunai (PKT) merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang Kurang mampu dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pengaturan desa bertujuan antara Tain untuk memajukan perekonomian masyarakat desa, mengatasi kesenjangan pembangunan, serta memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan.

Dalam merealisasikan kegiatan PKT ini pemerintah Desa kersoharjo Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi melaksanakan Pembangunan Pavingisasi di Jalan Dusun Kerso 1 dengan volume 44x 2, 8 M. menelan Anggaran dana sebesar Rp. 34.000.000,00 dari Alokasi Dana Desa (DD) Tahun 2021.Hal ini disampaikan Kades Edy Mulyono pada bidiknasional.com di kantornya.

Masih Kades Kersoharjo, Edi Mulyono menyampaikan bahwa, Pembangunan Paving, pembersihan dan pengurukan serta pemerataan lokasi jalan yang mau di paving tersebut merupakan kegiatan Padat karya Tunai yang harus di laksanakan oleh masyarakat setempat mengingat banyak orang terdampak akibat pandemi Covid 19 .

Hal ini juga dikuatkan oleh ketua TPK Sigit Mujianto,S.Pd. yang menjelaskan, pembangunan tersebut merupakan skala prioritas di 2021.Hal itu juga sesuai dengan hasil musyawarah yang dilakukan pemerintah desa dengan masyarakat.

“Keberadaan Paving di Dusun Kerso 1 ini dengan volume 44 m x 2,8 dengan biaya Rp. 34.000.000,00 dianggarkan dari ADD tahun 2021, dengan anggaran upah Padat Karya Tunai keberadaan jalan Paving di Kerso I ini memang sangat penting apalagi di musim penghujan seperti ini,” tuturnya.

Masih Ketua TPK ,” Sebelumnya, jalan di Kerso I sangat memprihatinkan apa lagi untuk mobilisasi sangat tidak memungkinkan. Perbaikan jalan tersebut para pekerjanya menggunakan upah dengan sistem PKTD hal ini juga bisa di manfaatkan untuk pengerukan saluran sebelah ,kanan kiri Paving mengingat sekarang musim penghujan.

Ia juga berharap. partisipasi dari semua pihak untuk menjaga dan memelihara keberadaan Paving tersebut. “Terutama kepada masyarakat desa Kerso I agar turut serta berpartisipasi dalam memelihara setiap hasil pembangunan yang dilakukan pemdes demi kemajuan masyarakat Desa Kersoharjo,” pungkasnya. (leo/ADV)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button