JATIMSIDOARJO

Amankan Nataru dan Antisipasi Omicron, Forkopimda Sidoarjo Gelar Operasi Lilin Semeru

SIDOARJO, bidiknasional.com – Kesiapan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat tetap kondusif, saat pelaksanaan Natal 2021 serta Tahun Baru 2022, Forkopimda Sidoarjo menggelar Operasi Lilin Semeru 2022, mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Berbagai persiapan dilakukan, mulai dari menurunkan 750 personel gabungan yang disebar ke titik-titik rawan. Seperti untuk mengamankan misa Natal di sejumlah gereja, antisipasi kerumunan masyarakat di mal, pusat belanja, stasiun, terminal dan bandara hingga pada saat momen tahun baru.

Pengamanan yang dilakukan berbagai unsur jajaran di Kabupaten Sidoarjo, tidak hanya terfokus guna menjaga kondusifitas kamtibmas saja. Namun juga melakukan berbagai upaya mencegah penyebaran Covid-19, dalam hal ini antisipasi penularan varian baru Omicron. Salah satunya dengan memperketat mobilitas masyarakat, melalui berbagai sarana moda transportasi.

Karenanya untuk terciptanya kondusifitas kamtibmas dan pencegahan Covid-19 selama Nataru (Natal 2021 dan Tahun Baru 2022), dilaksanakan Operasi Lilin Semeru 2021 di wilayah Kabupaten Sidoarjo, ditandai dengan apel bersama di Mapolresta Sidoarjo, pada Kamis (23/12/2021).

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro menjelaskan, sejumlah 750 personel gabungan diturunkan untuk mengamankan misa Natal 2021, kemudian dilanjut hingga momen pergantian tahun. Bahkan beberapa hari sebelumnya, dilakukan pengecekan keamanan hingga penerapan protokol kesehatan. Mulai dari gereja, tempat keramaian, pertokoan, mal, pusat belanja, terminal, stasiun dan bandara.

Ia menghimbau masyarakat rayakan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan damai, tidak terlalu bereuforia, lakukan dengan ibadah atau kegiatan positif lainnya di rumah saja. Pertokoan, mal dan pusat belanja pada saat malam tahun baru juga dibatasi jam operasional sampai pukul 22.00 WIB.

“Sampai saat ini pandemi masih berlangsung, mari kita cegah dengan mematuhi peraturan protokol kesehatan serta tingkatkan vaksinasi Covid-19,” jelas Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro.

Terkait pengamanan Nataru dari unsur TNI, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Masarum Djatilaksono mengatakan, pihak siap bersinergi bersama unsur lainnya. Termasuk dengan Polresta Sidoarjo dan jajaran. Antisipasi berbagai ancaman gangguan kamtibmas telah dipetakan. Hingga upaya pencegahan Covid-19 bagi masyarakat. “TNI-Polri bersama unsur lainnya di wilayah Kabupaten Sidoarjo siap amankan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,” tegasnya. (yah)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button