28/09/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Kecamatan Arahan Berikan Pembinaan Bagi Aparatur Pemerintahan Desa Cidempet

2 min read

INDRAMAYU, bidiknasional.com – Memasuki Tahun anggaran 2022, Pemerintahan Kecamatan Arahan melaksanakan pembinaan aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) Cidempet, kegiatan ini dilaksanakan dikantor Desa Cidempet, Senin (27/12/2021).

Pembinaan kepada aparatur desa ini didasarkan pada ketentuan peraturan pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014 Tentang peraturan pelaksana UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa pasal 154 ayat 1 menyebutkan Camat atau sebutan lain melaksanakan pembinaan dan pengawasan desa antara lain dengan memberikan fasilitas administrasi tata pemerintahan desa dan fasilitas pelaksanaan tugas kepala desa dan perangkat desa.

“Sehubungan dengan hal tersebut, Tim pembinaan aparatur desa yang diketuai oleh Sekretaris Kecamatan Arahan turun kebawah melaksanakan pembinaan di masing-masing desa”, ujar camat Arahan Drs. Uus Wuspito.

Dalam setiap kunjungan ke desa, tim kecamatan menyampaikan dan memberikan arahannya kepada aparatur desa untuk lebih memahami tupoksi sebagai perangkat desa sesuai dengan jabatan di struktur pemerintahan desa. “Selain itu juga mendorong aparatur desa untuk responsif terhadap segala permasalahan yang muncul di masyarakat terutama tentang pelayanan publik”, terangnya.

Uus berharap kepada segenap aparatur desa untuk betul-betul mampu melaksanakan segala tanggung jawab sebagai perangkat desa. “Terlebih pemerintah pusat telah memberikan perhatian lebih khususnya tentang kesejahteraan aparatur desa,” ujarnya.

“Ada beberapa regulasi terkait dengan tugas pokok secara bertahap untuk 2022 kita sudah agendakan rutin pertriwulan dilakukan pembinaan, insya Allah bisa terwujud ke good government state,” pungkasnya.

Kuwu Desa Cidempet Muhafidin, M.Pd,

Kuwu Desa Cidempet Muhafidin, M.Pd, mengatakan maksud dari pembinaan administrasi adalah agar kepala desa dan perangkat desa memahami akan pentingnya penguasaan administrasi sebagai modal untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Lebih lanjut Muhafidin menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat terkait dengan kewajiban yang harus diselesaikan oleh desa pada tiap-tiap tahun.

Administrasi Pemerintahan Desa bisa disebut sebagai manajemen penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa, yang meliputi pengelolaan penyelenggaraan pemerintahan desa, mencakup perencanaan Pemerintahan, pengorganisasian atau kelembagaan Pemerintahan, pengunaan sumber-sumber daya, pelaksanaan urusan rumah tangga pemerintahan dan urusan pemerintahan umum, serta pengawasan penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan kewenangan dalam bidang pemerintahan desa. (Ragil pangestu/Candra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

by boodysank/bidiknasional.com/bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.