21/05/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Daud Djoni, WD Ketua DPC LSM KOBRA Banyuwangi : Bantuan Pemerintah Daerah Jangan Berhenti 

2 min read

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Adalah Jumali pria berumur dengan rambut berwarna putih mengenakan topi, kesehariannya bekerja sebagai penjual gedeg bambu (anyaman) asal dari Desa Macan Putih, Kec. Kabat Banyuwangi.

Sabtu 22 Januari 2022, sekira pukul 10.30 Wib, nampak bapak ini sedang melintas di Jalan DI Pandjaitan Banyuwangi menggunakan sepeda angin sambil berkeliling menyusuri jalan menawarkan barang dagangan nya (Gedeg bambu-red).

Saat berada disekitar perempatan lampu Trafiht Light Lateng wilayah Kota Banyuwangi, pria paruh baya ini bertemu dengan Daud Djoni, WD Ketua DPC LSM KOBRA (Komando Bersama Rakyat) Banyuwangi.

Dikenal ramah dan suka berbagi, Daud Djoni mengajak Jumali menikmati secangkir kopi disebuah warung kopi sambil menanyakan bantuan pemerintah apa saja yang pernah diterima.

Diketahui dari isi perbincangan, ternyata Jumali bekerja berjualan gedeg bambu tersebut sambil meninggalkan istrinya yang mengalami sakit lumpuh. Selain itu dia hidup bersama cucu nya.

” Istri saya lumpuh, saya hidup bersama istri dan cucu saya ” jelas Jumali di Banyuwangi, Sabtu (22/1/2022).

Mengenai bantuan dari Pemerintah Jumali menjelaskan,” Saya hanya dapat bantuan beras 15 kg per- bulan dari Desa, untuk bantuan lainnya belum ada seperti bantuan langsung tunai (BLT) atau bantuan berupa uang tunai. Sedangkan istri saya sudah lama sakit lumpuh dan berharap ada bantuan dari Pemerintah juga Dermawan, untuk pengobatan istri saya yang sakit lumpuh ini ,” terangnya.

Mendengar cerita dari pak Jumali secara langsung, mas Joni sapaan lekatnya yang juga Satgas TRC IKB RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) Wilayah 02 Banyuwangi ini merasa prihatin.

” Kami ikut perihatin atas keluarga pak Jumali. menurut pengakuan pak Jumali bahwa istrinya sudah lama sakit lumpuh, dan semoga istrinya lekas sehat kembali. Sedikit bantuan juga saya titipkan buat istri dan Cucu Pak Jumali semoga bermanfaat,” ungkap Joni seraya berpikir keras tentang bagaimana campur tangan pemerintah baik pusat maupun daerah memperhatikan warganya seperti pak Jumali.

Usai berpisah dengan bapak penjual gedeg anyaman bambu dengan cara di ikat pada sepeda angin dan berkeliling pagi sampai malam di kota Banyuwangi apalagi saat ini sedang musim penghujan, Daud Djoni berharap, semoga Pemkab. Banyuwangi dengan kepemimpinan Bupati Ipuk Fiestiandani dan Wakil Bupati H. Sugirah berjuang bersama Dinas Sosial, Forpimcam setempat serta Jajaran Instansi terkait, tetap peduli Sosial dan tersentuh hati nuraninya terus membantu warganya apalagi dimasa pandemi Covid19 seperti sekarang ini. Saya minta bantuan sosial dari pemerintah daerah khususnya Banyuwangi tidak berhenti,” tutupnya.

(jojo/ripto/Tim-BN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

bidiknasional.com/by_boodysank#bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.