21/05/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Transaksi Sementara Misi Dagang Jatim-Jambi Tembus 105,9 Miliar

3 min read

JAMBI, BIDIKNASIONAL.com – Misi dagang antara Provinsi Jawa Timur dengan Provinsi Jambi yang di pimpin Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kamis (27/1), menorehkan transaksi sementara Rp 105.962.3000 miliar dengan 37 transaksi.

Hasil transaksi ini dari beberapa MoU antar OPD Pemprov Jatim dan Jambi. Serta hasil transaksi yang diikuti 145 pengusaha dari Jatim dan 100 pengusaha dari Jambi.

MoU tersebut dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Badan Kepegawaian Daerah, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Koperasi dan UKM, DPMPTSP, BPSDM, dan IWAPI.

“Misi dagang dan investasi dengan dengan penandatanganan MoU dan hubungan antar lembaga ini sesuai dengan kompetensi yang dilakukan oleh tim dari Pemprov Jatim yang menjadi mitra dagang,” kata Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah mengatakan, diantara potensi yang dibawa Jatim ke Jambi adalah industri ternak dan daging sapi. Dimana ternak sapi di Jatim cukup besar dengan jumlah 94,9 juta ekor. Ini ditunjang dengan adanya balai besar inseminasi buatan di Singosari, Malang.

“Kemudian dolomit. Jatim memiliki dolomit cukup baik di Gresik. Hasil laboratorium ini cukup cocok untuk pupuk seperti sawit,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah berterimakasih kepada para pengusaha yang mengikuti misi dagang dan diharapkan mampu memberikan dampak signifikan bagi hubungan kerjasama antara Jawa Timur dan Jambi, khususnya di bidang ekonomi.

Gubernur Khofifah menyampaikan, peluang perdagangan antara Jatim dengan Jambi terbuka lebar. Hal ini tidak lepas dari perbedaan karakteristik ekonomi, sehingga kedua provinsi dapat saling mengisi dan saling mendukung dalam suatu kerangka kerjasama, guna mewujudkan pembangunan ekonomi bersama-sama.

Lebih lanjut, Gubernur Khofifah menerangkan, terdapat tiga sektor yang menjadi penopang utama struktur ekonomi, sektor industri pengolahan sebesar 30,61%, sektor perdagangan sebesar 18,34%, serta sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 12,08%.

Sementara, Jambi memiliki karakteristik struktur ekonomi ditopang oleh sektor pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 32%; sektor pertambangan sebesar 14%; serta sektor perdagangan sebesar 12%.

Berdasarkan data perdaganan antar wilayah 2020 yang dirilis oleh BPS, nilai penjualan Jatim ke Jambi sebesar Rp70 miliar, sedangkan nilai pembelian Jatim dari Jambi sebesar Rp 23,26 Milyar.

Produk yang dijual dari Jatim ke Jambi
Produk yang dijual dari Jatim ke Jambi berupa barang-barang elektronik (speaker, amplifier, microphone), beras, cabe, pakaian dan suku cadang kendaraan bermotor. Sebaliknya komoditas yang dibeli Jawa Timur dari Jambi diantaranya berupa kayu manis, CPO, kopi, serta kayu dan olahan kayu.

Gubernur Khofifah, juga menyampaikan, perkembangan dari misi dagang Jatim di mana sebelum masa Pandemi Covid-19 hanya secara offline sedangkan pada masa Pandemi Covid-19 dilaksanakan secara online dan juga hybrid (offline dan online).

“Pada 2021 kegiatan misi dagang dilakukan secara offline dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat sebanyak 4 kali dan menghasilkan nilai transaksi sebesar Rp1.789 Triliun dengan jumlah transaksi sebanyak 249,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani berterimakasih atas kedatangan Gubernur Khofifah.

Menurutnya ini menujukkan keseriusan Jatim dalam misi dagang dan kerjasama ini. Kemudian juga serius dalam membangun sinergi dan kerjasama serta konektifitas antar daerah.

“Kerjasama ini mendukung ekosistem ekonomi nasional dan menjamin ketersediaan barang. Ini juga bagian untuk upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19,” tuturnya

Dia berharap, kerjasama ini selain membawa keuntungan secara ekonomi kedua belah pihak tapi juga tansfer ilmu pengetahuan antara Jambi dan Jatim. “Tujuannya adalah sama sama mandiri. Minimal izinkan untuk mencontoh dan meniru Jatim,” sambungnya.

“Pemprov Jambi siap mensukseskan kerjasama dagang ini yang tentunya bisa berdampak pada masyarakat kita,” pungkasnya.(dji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

bidiknasional.com/by_boodysank#bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.