JATIMLAMONGAN

Anggaran Pemugaran Makam Ibunda Gajah Madah di Lamongan Capai 190 Juta

Siti Rubikah,S.E. M.Si, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayan0 Kabupaten Lamongan. Sabtu (20/04).

LAMONGAN, BIDIKNASIONAL.com – Kegiatan pekerjaan pemugaran cungkup makam Dewi Andongsari, ibunda dati Patih Gaja Mada, sudah dianggarkan dana sebesar Rp 190 juta.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan, Siti Rubikah di ruangan rapat kerjanya, Rabu (20/04).

“Kita hanya melakukan pemugaran pelebaran di bagian pondasi dan atap makam, untuk pemugaran lainnya tidak ada. Sebenarnya untuk rehab cungkup makam Dewi Andongsari.

Saat ini, menurut dia, pekerjaannya memang belum dilakukan, namun terkait dengan dananya sudah ready dan ada di dinas. Dikatakan, pemugaran cungkup diperkirakan selesai pada bulan Agustus depan.

Jadi ada beberapa bagian yang akan dilakukan pembongkaran. “Tetap seperti dulu, yaitu menggunakan genting dan kayu untuk cungkupnya. Kalau yang bagian pondasi akan sedikit dilebarkan,” ujar Rubikah.

Lebih lanjut, terkait dengan adanya pemotongan dua pohon besar yang berada di area makam Eyang Ratu Dewi Andongsari, itu murni kewenangan pemerintah desa.

Dinas Pariwisata tidak ada sangkut pautnya hanya memfasilitasi.

“Kami berharap dengan adanya pemugaran cungkup tersebut, nantinya ke depan makam Nyai Andongsari dapat dijadikan sebagai wisata religi di kawasan Lamongan bagian selatan.

Serta dapat mendatangkan banyak pengunjung untuk ziarah ke makam,” imbuhnya.

Ditambahkan Rubika, saat ini untuk pengelolaannya memang masih dilakukan oleh pemerintah desa setempat.

Dinas Pariwisata Lamongan, terang Rubika, hanya sebatas memfasilitasi pembangunan makam, termasuk pemugaran saat ini,” pungkasnya.

Penulis     : Bang IPUL

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button