28/09/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Kabid Kesehatan Hewan DPP Banyuwangi, Drh. Nanang Sugiyarto Imbau Pemilik Hewan Ternak Rutin Lakukan 3J

1 min read

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Selasa 17 Mei 2022, Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Banyuwangi melaksanakan rapat koordinasi dengan Staikholder dan instansi terkait untuk membahas antisipasi pencegahan penularan virus PMK (Penyakit Mata dan Kuku) pada hewan pemamah biak.

PLT. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Banyuwangi Muhasmah Khoiri, SP, Msi melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan Drh. Nanang Sugiyarto menyampaikan himbauan kepada masyarakat utamanya pemilik hewan ternak agar selalu rutin melakukan kegiatan 3J yaitu Jangan panik namun tetap waspada, Jaga kesehatan hewan ternaknya, Jaga kebersihan tempat kandangnya, dan selalu cek kondisi kesehatan hewan ternaknya.

“Apabila ada gejala-gejala yang mengarah virus PMK segera melaporkan ke Tim gabungan atau ke kantor Kami ” terangnya kepada BIDIKNASIONAL.com, Selasa (17/5/2022).

Lanjut Drh. Nanang, prinsipnya sampai sekarang untuk Banyuwangi masih aman, belum ada hewan yang terkena virus PMK.

” Namun demikian kami bersama staikholder yakni TNI, Polresta Banyuwangi, BPTD, Bakesbangpol, Satpol PP, Disperindag, Dinas Perhubungan, FKH Unair, PDHI, Paravetindo, Bagian Perekonomian dan instansi terkait rutin untuk melakukan pengecekan di tempat pasar hewan, guna antisipasi penularan virus PMK,” paparnya.

Disamping itu, dirinya mempunyai langkah strategis, yaitu Pembatasan lalu lintas ternak di Pasar hewan, KIE, Persiapan obat-obatan dan bahan Desiinfeksi, Kolaboratif lintas Sektoral.

” Langkah kita melakukan pemeriksaan jika ada ternak yang sakit (meski tidak mengarah PMK) akan diberikan vitamin dan mineral untuk meningkatkan status kesehatannya, dan melakukan surveilans dan deteksi dini ke hewan ternak di Daerah kantong ternak, Pedagang ternak, pasar-pasar hewan serta hewan ternak milik Warga,” tutupnya.

Laporan : @dj/Tim

Editor     : Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

by boodysank/bidiknasional.com/bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.