LAMPUNGPESISIR BARAT

DEKRANASDA PESISIR BARAT GELAR PELATIHAN TAPIS DAN PENGEMASAN SERTA TEMU BISNIS UMKM

PESISIR BARAT, BIDIKNASIONAL.com – Salah satu rangkaian kegiatan Krui Fair tahun 2022 Dewan Kerajinan Nasional Daerah Pesisir Barat menggelar kegiatan pelatihan tapis berikut pengemasan serta temui bisinis UMKM. Kegiatan itu dipusatkan di Gedung Sentra UKM Dekranasda Pesisir Barat tepatnya di Kecamatan Way Krui, Senin 13 -6 – 2022.

Kegiatan itu dihadiri langsung Bupati Pesisir Barat serta Forkopimda Lampung Barat-Pesisir Barat,Ketua Dekranasda Pesisir Barat,Hj.Septi Istiqlal, para Pejabat dilingkup Pemkab setempat, pemateri pelatihan, Perwakilan Bank Lampung.

Dalam Pelatihan Tapis dan Pengemasan serta Temu Bisnis UMKM tersebut ada dua jenis Model Pelatihan yaitu Pelatihan UMKM dan Pelatihan Tapis Lampung. Temu Bisnis dan Pelatihan UMKM tersebut mengusung tema “Transformasi Tapis Krui Dari Produk Budaya Menjadi Produk Mendunia”.

Dalam sambutannya,Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H.,M.H menyampaikan kegiatan pelatihan tersebut menjadi sarana pengenalan kebudayaan khas Lampung, dan kegiatan itu juga merupakan kesempatan peserta untuk berlatih sulam Tapis Lampung.

Dalam kesempatan itu juga Bupati berharap dengan adanya kegiatan temu bisnis antar pelaku usaha UMKM di Kabupaten Pesisir Barat dapat saling tukar menukar informasi tentang perkembangan produk agar terjalin kemitraan.

Sementara Ketua Dekranasda Pesisir Barat, Hj.Septi Istiqlal menyampaikan saat ini Kabupaten Pesisir Barat memiliki aneka produk kerajinan, salah satunya yaitu kerajinan Sulaman Tapis yang sudah turun temurun di kembangkan dalam masyarakat kita.

Masih menurut Septi, kerajinan Sulaman Tapis Kabupaten Pesisir Barat merupakan salah satu yang terbaik dan unggulan di Provinsi Lampung. Hal itu dikarenakan teknik pengerjaan yang digunakan adalah teknik pengerjaan yang cukup rumit dengan kontrol kualitas yang tinggi, sehingga menjadikan produk kerajinan Sulaman Tapis menjadi bernilai tinggi namun seimbang dengan kualitas yang dihasilkan.

Saat ini pelaku usaha Kerajinan Sulaman Tapis di Pesisir Barat berjumlah 600 perajin yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat, tambah Septi Istiqlal.

Masih tambah Septi Istiqlal,selain kerajinan Tapis terdapat produk kriya lain yang sudah di kembangkan oleh para pelaku UMKM Pesisir Barat. Potensi UMKM Kabupaten Pesisir Barat juga telah mengambil peran pentingnya masing-masing, mulai dari aneka produk olahan sampai dengan perdagangan dan jasa yang ada di Kabupaten Pesisir Barat.

UMKM di Bumi para Saibatin dan Ulama hari ini sudah berjumlah 5.104 pelaku UMKM yang menjadi mitra Pemerintah Daerah dalam membangun perekonomian masyarakat, tandasnya.

Dalam kegiatan Pelatihan Tapis dan Pengemasan serta Temu Bisnis tersebut dilanjutkan dengan Peninjauan lokasi Sentra Kampung Tapis yang berlokasi di Pekon Way Sindi Kecamatan Karya Penggawa.

Laporan: TAUFIK

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button