06/10/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

TP PKK Barito Utara Gelar Lomba B2SA

2 min read

MUARA TEWEH, BIDIKNASIONAL.com – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke 72 Kabupaten Barito Utara, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Barito Utara menggelar kegiatan lomba masak Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dan Lomba Panginan Sukup Simpan, di Gedung Balai Antang Muara Teweh, Sabtu 26 Juni 2022.

Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati saat membuka kegiatan tersebut mengatakan pelaksanaan lomba ini menjadi perhatian semua untuk mencegah stunting yaitu kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi yang sangat kronik.

“Sehingga anak terlalu pendek untuk usianya, tidak hanya disebabkan oleh gizi buruk yang dialami oleh ibu hamil maupun anak balita saja, namun terhadap remaja putri merupakan penyelamatan ibu di masa yang akan datang,” ucapnya.

“Melalui lomba pada pagi hari ini diharapkan dapat memanfaatkan kemandirian pangan lokal dan pelestarian SDA yang ada di Barito Utara dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah Barito Utara yang tersebar di seluruh kecamatan desa dengan proses pengolahan menjadi bahan pangan yang fungsional yang mengandung berbagai nutrisi maupun meningkatkan kualitas konsumsi pangan dan dapat membantu penambahan pendapatan keluarganya masing-masing yang ada di daerah setempat,” kata Hj Sri Hidayati.

Pada kesempatan itu juga, Ketua TP PKK meminta semua makanan khas dayak, yang merupakan bagian dari kekayaan budaya daerah kita yang ada di Barito Utara dan seluruh kabupaten di Kalteng bisa jadi makanan yang sehat dan bergizi, serta menyehatkan untuk kita semua.

Kegiatan lomba B2SA ini diikuti oleh 9 kecamatan, anggota Dharma Wanita, anggota GOW juga Persit Barito Utara. Pemenang nantinya akan mendapatkan piagam, piala serta uang pembinaan.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan penilaian terhadap beragam makanan khas Kabupaten Barito Utara. dimana Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati juga selaku tim penilai lomba.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Hj Sri Hidayati, Ketua GOW, Ketua Bhayangkari, mewakili Persit, Kadis PUPR, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Sos PMD, anggota TP PKK Kabupaten dan Kecamatan, GOW serta Darma Wanita.

Laporan: Efendi

Editor: Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

by boodysank/bidiknasional.com/bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.