BONDOWOSOJATIM

Setelah 4 Tahun Kabur, Tersangka Pencurian di Bondowoso Berhasil Dibekuk

BONDOWOSO, BIDIKNASIONAL.com – Pelarian Jumasin (40) warga Dusun Batu Putih, Desa Keladi, Kecamatan Cermee, Bondowoso akhirnya selesai. Pria yang diduga pernah melakukan aksi pencurian dengan berhasil menggondol uang ratusan juta rupiah pada 2018 lalu, walhasil akhirnya dibekuk oleh jajaran Satreskrim Polres Bondowoso.

Tersangka berhasil diamankan polisi dari persembunyiannya di Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa, Situbondo pada Minggu (24/7/2022) dini hari.

“Pelaku tadi malam berhasil kami amankan dari tempat persembunyiannya di Situbondo. Selama ini, pelaku selalu berpindah-pindah tempat untuk menghindari kejaran kami,” ujar Kasatreskrim Polres Bondowoso AKP Agus Purnomo.

Menurut Kasatreskrim, tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh pelaku terjadi pada bulan September 2018. Pelaku masuk ke rumah korban yang bernama Junaidi, warga Desa Suling Kulon, Kecamatan Cermee, Bondowoso pada pagi hari menjelang subuh.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku masuk ke rumah korban dengan cara naik ke atap, lalu masuk ke kamar mandi rumah korban, kemudian merusak pintu bagian belakang untuk melarikan diri.

“Dari pemeriksaan di TKP, pelaku masuk ke rumah korban dengan cara membuka atap rumah dan masuk melalui kamar mandi, kemudian keluar dengan cara merusak pintu rumah di bagian belakang untuk jalan keluarnya,” jelas Kasatreskrim.

Dari aksinya itu, pelaku berhasil menggondol uang tunai sebesar Rp. 170 juta, 4 gelang emas, 2 cicin emas, 1 handphone dan 1 unit sepeda motor Honda Vario. Dari kejadian tersebut korban ditafsirkan mengalami kerugian yang mencapai Rp. 200 juta.

“Saat ini pelaku sudah kami amankan dan masih kami lakukan pemeriksaan untuk pengembangan lebih lanjut. Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku kami jerat dengan pasal 363 ayat (1) ke-3e, 5e, ayat (2) Subs 480 ke-1e, 2e KUHPidana, yang ancamannya maksimal 7 tahun penjara,” pungkas Kasatreskrim.

Pewarta: Agung Ch/Sulis/Hms

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button