06/10/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

HAN 2022 di Selenggarakan di RSUD Provinsi NTB, Berikut Rangkaian Giat Menariknya

3 min read

MATARAM, BIDIKNASIONAL.com – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022, PKRS, Humas dan KSM Anak serta Tim Medis di ruang perawatan anak Gili Nanggu, ruang NICU dan klinik Anak RSUD Provinsi NTB mengadakan rangkaian kegiatan.

Diantara rangkaian kegiatan tersebut adalah dimana hari pertama menyambut Hari Anak Nasional 2022 yang bertepatan tanggal 21 Juli 2022 bertempat di Ruang Pediatri Gili Nanggu RSUD Provinsi NTB melaksanakan kegiatan membaca bersama di Ruang Bermain Ruang Gili Nanggu bekerjasama dengan pustakawan dan Tausyiah Islami dengan Tema “Merawat Anak Sakit dalam Pandangan Islam”.

Hari kedua kegiatan HAN (22 Juli 2022) diisi dengan edukasi seputar kesehatan dan perawatan bayi dan anak-anak. Karena membangun generasi sehat, sangat penting untuk kemajuan bangsa dan negara.

Acara puncak HAN dilaksanakan pada Sabtu 23 Juli 2022 yang dihadiri oleh Jajaran Direksi, Manajemen, KSM Aanak, Kepala Ruangan Gilinanggu, NICU, PICU dan Kepala Poli Anak beserta Tim.

Selaku Ketua Panitia Hari Anak Nasional Tahun 2022 “dr. Linda, Sp.A” dalam laporannya menyampaikan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada saat Hari Anak Nasional 2022 salah satunya adalah melakukan siraman rohani.

“Salah satu yang kita lakukan adalah siraman rohani terutama untuk pasien-pasien gili nanggu, karena gili nanggu terisi oleh pasien koronik dimana pasiennya adalah pasien-pasien yang bolak balik datang dengan tujuan yang tidak mudah merangkul anak yg sedang sakit,” jelasnya.

Adapun produk dari siraman rohani ini, Lanjut dr. Linda , Sp.A sangat menghasilkan respon yang sangat baik dimana para ibu-ibu pasien merasa sangat terbantu sehingga untuk itu juga ada masukan agar pasien bisa melakukan pemeriksaan rutin setiap bulan, dan bekerjasama dengan bagian rohaniah agar terus mendapat dukungan moril terutama pasien-pasien kronis.

Selain melakukan siraman rohani dilaksanakan juga acara intern dengan membacakan novel hias ruangan yang bertujuan untuk merancang kerja sama disetiap ruangan. Jadi kerjasama bukan ditujukan hanya antar dokter dan perawat, tetapi juga ada sesama perawat.

Kegiatan HAN tahun ini adalah kegiatan yang sangat menarik yakni ada literasi pada anak dan tausiah yang sangat penting sebagai bentuk support kepada pasien dan Keluarga. Apalagi RSUD Provinsi NTB telah memfasilitasi rumah singgah yang diharapkan mampu menjadi wadah edukasi kepada keluarga pasca perawatan.

dr. Linda juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh ruangan yang terkait dengan anak sungguh luar biasa.

” Saya juga berterimakasih kepada dokter yang dalam hal ini juga ada dukungan penuh dari RSUDP NTB dalam perencanaan HAN 2022,” ungkapnya.

Terima kasih juga disampaikan Ketua KSM Anak kepada Jajaran Direksi dan Manajemen atas support terhadap peningkatan pelayanan Neonatal dan Pediatric selama ini termasuk rencana layanan terpadu “obstetri –neonatal”.

Harapan ke depan sambungnya, semoga pelayanan Tim Asuhan Gizi yang melibatkan Dokter Spesialis Anak dan Ahli Gizi semakin berkembang pula dalam rangka ikut mencegah dan menurunkan angka Malnutrisi dan meningkatkan Penggunaan Air Susu Ibu (ASI).

Dalam Sambutannya Wakil Direktur Pelayanan “dr. Hj. Qomarul Islamiyati, Sp.KJ” mewakili Direktur juga menyampaikan Selamat Hari Anak Tahun 2022 yang bertemakan “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Apresiasi juga diberikan kepada semua Panitia dan Pihak yang terlibat menyelenggarakan rangkaian peringatan HAN Tahun 2022 di RSUD Provinsi NTB. Harapannya ke depan layanan pediatric lebih maju lagi seiring dengan target Direktur meningkatkan type RS menjadi kelas A sehingga dapat berkontribusi lebih bagi Masyarakat NTB.

Dalam puncak acara diisi dengan pemberian Cinderamata kasih dari Tim Medis dan Petugas Kesehatan kepada 30 Pasien Anak yang sedang menjalani perawatan di Ruang Gili Nanggu.

Acara Puncak HAN Tahun 2022 RSUD Provinsi NTB diakhiri dengan Pengumuman dan Penyerahan Hadiah Lomba Ruang Bersih dan Sayang Anak dengan hasil sebagai berikut ; Juara I Ruang NICU menerima hadiah uang tunai 1.5 juta, Juara 2 Ruang PICU dengan hadiah yang diterima 1 juta dan Juara 3 ada 2 yaitu Ruang Gili Nanggu dan Polia Anak yang masing-masing menerima hadiah Uang Rp. 750.000.-.

Laporan: Aini

Editor: Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

by boodysank/bidiknasional.com/bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.