28/09/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Guru dan Pimpinan Dayah di Gayo Lues Ikuti Pelatihan Mutu Pendidik dan Tenaga Pendidikan Dayah

2 min read

GAYO LUES, BIDIKNASIONAL.com – Pemkab Gayo Lues dinas pendidikan Dayah melaksanakan kegiatan Pelatihan peningkatan mutu pendidik dan tenaga pendidik Dayah tahun 2022 yang diikuti oleh para guru dan pimpinan Dayah se kab Gayo Lues. Kegiatan ini berlangsung di the Legen Hotel kampung Jawa Kecamatan Blang Kejeren dengan kamis, (11/8/2022).

Acara ini dibuka wakili Bupati Gayo Lues. Said Sani. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya kepada para guru dan pemimpinan pendidikan yang berada dibawah naungannya.

“Pendidikan merupakan suatu sistem pembinaan manusia secara jasmani maupun rohani untuk menghasilkan insan beriman, bertaqwa, berilmu, berbudi pekerti dan terampil di bidangnya,” ungkap Said Sani.

Dayah memiliki kurikulum yang tersendiri, kurikulum Dayah dari sejak dahulu tidak diatur oleh pemerintah tapi perkembangan kurikulum diatur oleh lembaga Dayah itu sendiri yang tetap mengacu kepada pokok ilmu-ilmu yang menjadi kajian dalam pendidikan Dayah dan harus sesuai dengan standar yang ditetapkan olek Kementerian Agama.

Sambung wakil Bupati tersebut, dalam sistem pendidikan telah ditetapkan kompetensi sesuai dengan jenjang dan disiplin ilmunya, dalam konsep pendidikan akhir-akhir ini kompetensi itu dirancang sedemikian rupa di awal kegiatan pendidikan disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja dan tantangan zaman.

“ Kita harapkan melalui pelatihan kurikulum Dayah ini para pengajar Dayah dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan yang memiliki kopentensi unggul dalam menajawab tantang kedepan” harapnya.

Sementara Kepada Dinas Pendidik Dayah Ners H.Sukri Mas S Kep dalam laporannya menyampaikan, kegiatan yang dilakukan selama enam hari tersebut berdasarkan DPA Dinas Pendidikan Dayah TA. 2022 yang bersumber dari Otsus.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegitan ini adalah diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan Dayah dan kualitas pendidikan dayah di Kabupaten Gayo Lues dan terujudnya pelaksanaan Syariat Islam sesuai dengan Visi dan Misi pemerintah Kabupaten Gayo Lues, dan pelatihan ini dilaksanakan selama 6 hari ( 11– 16) Agustus 2022) dengan jumlah peserta sebanyak 120 perserta Dayah se-Kabupaten Gayo Lues Kadis melaporkan.

Tampil sebagai Narasumber dalam pelatihan itu adalah DR. Joni, M.Pd dan DR. Johansyah. Pembukaan kegiatan tersebut turut dihadiri oleh kepala Dinas Pendidikan mewakili Saidi talib Kamenag H, Akly, SAg Ketua MPD Drs Jamaluddin Ilyas.

Laporan: dir

Editor: Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

by boodysank/bidiknasional.com/bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.