JATENGKENDAL

LPPM UNDIP Gelar FGD Tahun ke 2 di Desa Montongsari, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

KENDAL, BIDIKNASIONAL.com – Dalam rangka menindaklanjuti Program penguatan ekonomi masyarakat melalui pengembangan kegiatan wisata Desa Montongsari, team LPPM UNDIP gelar Focus Group Discussion tahun kedua di Balai Desa Montongsari.

Team pengabdian masyarakat LPPM UNDIP yang digawangi oleh Prof. Dr. Sunarti, S.T., M.T., Mardwi Rahdriawan, S.T., M.T., Maya Damayanti, S.T., MA, PhD, Landung Esaritri, S.T., MPS. terus berupaya mendampingi masyarakat Desa Montongsari dalam mencanangkan Desa Wisata.

Dalam penyampaiannya Ketua team Prof. Dr. Sunarti, S.T., M.T. mengatakan ” Perlu kita ketahui bahwa tujuan pengabdian LPPM UNDIP tahun ke 2 adalah memfasilitasi masyarakat melalui sosialisasi dan pendampingan untuk pembuatan konsep Desain Masterplan untuk pengembangan kegiatan wisata di Desa Montongsari Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal, ” jelasnya.

Lanjutnya, kami sebagai pendamping warga Desa Montongsari untuk menggali potensi yang ada di desa, kali ini sudah masuk tahapan membuat konsep dan tentunya kami ingin berbeda dengan Desa Wisata lainnya agar menarik untuk dikunjungi. Dengan obyek tanah bengkok pemdes yang disumbangkan menjadi embrio kegiatan wisata nantinya akan berkembang menjadi Desa Wisata,” imbuhnya.

Masih dalam acara yang sama dari Maya Damayanti, ST., MA., PhD. memaparkan, embrio Desa Wisata ini harus dikembangkan karena akan dapat menambah perekonomian masyarakat. Masyarakat setempat sebagai pelaku utama akan lebih optimal dalam mengembangkan Desa Wisata dan tentunya lebih mudah.

Dengan mengindentifikasi konsepnya maka dapat menyajikan keunikan yang ada disini, apa atraksi yang bisa suguhkan, kemudian kita bisa mencari aktifitas asiknya yang bisa dilakukan oleh pengunjung dan bisa kita tambahkan pusat oleh oleh. Akses jalan yang memadai tentunya sangat diperlukan, dan juga dapat membuka penginapan dengan sistem homestay, sebutnya.

Kades Montongsari bapak H. Sunaryo juga menyampaikan, kegiatan berikutnya akan membentuk Pokdawis agar semua rencana untuk membuat Desa Wisata dapat segera terwujud.” Harapan saya tentunya ingin masyarakat Desa Montong lebih sejahtera,” tegasnya.

Tak ketinggalan Anggota DPRD Kabupaten Kendal Rizky Aritonang menjelaskan bahwa, Desa Montongsari ini akan membentuk Desa wisata dengan Pendamping dari LPPM UNDIP.

“Tentunya ini menjadi potensi yang luar biasa, saya dan Pemdes akan memberikan pemahaman potensi desa Wisata. Kami juga akan memberikan masukan agar kesenian menjadi salah satu daya tarik Desa Wisata Montongsari ini,” Pungkasnya.

Reporter: Peni Kusumawati

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button