06/10/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Deklarasi Damai Jelang Pilkades, Calon Harus Siap Kalah dan Menang

2 min read

SUBULUSSALAM, BIDIKNASIONAL.com – Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kota Subulussalam 02 Oktober tahun 2022, Muspika Simpang Kiri melaksanakan sosialisasi pilkampong, pemantapan serta evaluasi program kerja calon kepala kampong se-Kecamatan simpang Kiri sekaligus deklarasi damai seluruh calon kepala desa dalam wilayah kecamatan simpang kiri yang menyatakan dan menandatangani ikrar deklarasi damai, Rabu (21/10/2022).

Kegiatan berlangsung di Aula kantor Camat simpang kiri, disaksikan kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan kampong (DPMK) Irwan Faisal, SH, Camat simpang kiri Rahmayani Sari Munthe,S.STP,Kapolsek Simpang Kiri Iptu Arianto, STP., Danramil 01/Simpang Kiri Kapten Inf Tomi Marantika /mewakili, para Pj.Kepala kampong,para pendamping kecamatan, pengawas pilkampong dan Ketua P2K pilkampong kecamatan simpang kiri.

Pilkades serentak dijadwalkan berlangsung 2 Oktober 2022 mendatang. Sebanyak 49 desa di 5 kecamatan menggelar pilkades secara serentak.

49 desa yang akan melaksanakan Pilkampong meliputi Kecamatan Simpang Kiri 11 desa, Kecamatan Penanggalan sembilan desa dan Kecamatan Rundeng 11 desa. Selanjutnya Kecamatan Sultan Daulat 11 desa dan Kecamatan Longkib tujuh desa.

Ada lima point Ikrar damai para calon keuchik tersebut diucapkan secara bersama-sama antara lain :

1.Siap mensukseskan pelaksanaan pilkampong serentak secara langsung,umum,bebas,rahasia jujur dan adil,tertib,damai aman,demokratis dan bermartabat demi kemajuan masyarakat desa.

2.Siap menjunjung tingggi dengan menjunjung tinggi kejujuran,sportifitas dengan santun dan damai tunduk terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

3.Siap menerima hasil keputusan dari seluruh proses tahapan pilkampong

4.Siap menerima dan mendukung terhadap siapapun calon kepala kampong yang terpilih secara sah sesuai peraturan yang berlaku

5.Dalam hal sengketa pada pilkampong akan di selesaikan melalui mekanisme yang ada dalam perundang-undangan yang berlaku.

Pada kesempatan itu, Kapolsek Simpang Kiri Iptu Arianto,STP dalam sambutan nya menyampaikan di hadapan seluruh calon kepala kampong agar dalam pelaksanaan nanti harus siap kalah.

“Kepada bapak-bapak dan ibu-ibu calon kepala kampong saya sampaikan harus siap kalah dan yang kedua kalaupun menang itu adalah bukan kemenangan bapak, tapi kemenangan masyarakat yang ada di desa,” tutur Iptu Arianto.

Kemudian Kapolsek simpang Kiri menghimbau agar seluruh masyarakat di desa yang akan melaksanakan Pilkades dapat selalu menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban pada saat pilkades.

“Termasuk para calon kades yang akan berkompetisi dapat saling menghormati dengan calon lainnya,Agar pelaksanaan Pilkades nanti dapat berjalan dengan aman dan kondusif,” kata Iptu Arianto,S.STP.

Camat simpang Kiri rahmayani sari munthe S.STP juga mengatakan, ikrar damai yang dilaksanakan tersebut dalam rangka pemilihan kepala kampong 11 desa serentak se-kecamatan simpang kiri tahun 2022 pada 2 Oktober mendatang.

“Kita berharap melalui acara ini,mulai dari Panitia Pemilihan Kepala kampong (P2K),calon kepala kampong, Pengawas Kecamatan (panwascam) memiliki pemahaman yang sama sampai dengan hari pemungutan suara.

Dengan mengetahui tahapan-tahapan beserta aturan yang ada hingga terciptanya pilkampong yang aman damai dan berkeadilan,” kata Rahmayani.

Sebagai informasi, pernyataan deklarasi damai itu disampaikan secara bersama-sama para calon kepala kampong dalam wilayah kecamatan simpang Kiri dan di lanjutkan dengan penandatanganan.

Laporan: AGUS DARMINTO

Editor: Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

by boodysank/bidiknasional.com/bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.