JABARPURWAKARTA

Marsekal Muda TNI AU Eding Sungkana, S.AB.M.Tr. Tinjau Waduk Jatiluhur Dihari Kesaktian Pancasila

Marsekal Muda TNI AU Eding Sungkana,S.AB.M.Tr. meninjau pembangunan Tugu Pancasila di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat (01/10) / Foto: Asep Granat

PURWAKARTA, BIDIKNASIONAL.com – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Marsekal Muda TNI AU Eding Sungkana,S.AB.M.Tr. meninjau pembangunan Tugu Pancasila di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat (01/10).

Dalam kegiatan tersebut, Marsda TNI AU Ending Sungkana melihat langsung pengerjaan Tugu Pancasila bersama Pembina Agen Spesial Garuda Sakti Republik Indonesia (Asgas RI) R.Samsuri.

Untuk diketahui, Waduk Jatiluhur adalah sebuah waduk yang terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Waduk yang dinamakan oleh pemerintah Waduk Ir. H. Juanda ini merupakan waduk terbesar di Indonesia, Bendungan Waduk Jatiluhur mulai dibangun sejak tahun 1957 oleh kontraktor asal Prancis Compagnie fran├žaise d’entreprise, dengan potensi air yang tersedia sebesar 12,9 miliar m3/tahun dan merupakan Waduk serbaguna pertama di Indonesia.

Marsda TNI AU Eding Sungkana berharap dihari peringatan kesaktian pancasila kita dapat mengenang perjuangan dan jasa para Pahlawan Revolusi TNI AD.

” Jangan melupakan sejarah. Begitu kejamnya ideologi komunis yang membunuh 7 (Tujuh) Jenderal revolusi. Saya berharap kepada seluruh anak bangsa untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan.

Adanya pembangunan Tugu Pancasila yang terletak ditengah Danau Jatiluhur Purwakarta ini, saya dukung sepenuhnya karena saya menilai kepada seluruh Tokoh Masyarakat dan Para Pejabat Negara, baik TNI POLRI, sangat mendukung karena mencerminkan kebhinekaan dan menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan. Semoga apa yang dicita citakan pendiri bangsa bisa terwujud Indonesia makmur sejahtera,” Ungkap Masda TNI AU Eding Sungkana didampingi Pembina Asgas RI saat Melihat Langsung Proses Pengerjaan Tugu Pancasila di Jatiluhur.

” Kita ambil hikmahnya dan amanahnya untuk generasi penerus bangsa agar selalu menjaga simbul negara pancasila, jaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia,” ucapnya.

Selain itu, kunjungan Marsda TNI AU Eding Sungkana, juga memberikan semangat dan motifasi bagi tokoh masyarakat, tokoh budaya, tokoh agama, tokoh generasi pemuda pemudi, Dimana Pancasila sebagai warisan dari Leluhur yang dilindungi dan menjadi perekat persatuan dan kesatuan dengan keragaman kebhinekaan keragaman budaya dan kekayaan alam yang melimpah.

Tugu Pancasila yang ada di Waduk jatiluhur ini menjadikan magnet tersendiri bagi para pendiri bangsa dan Tokoh Nasional disamping simbul keragaman Persatuan dan Kesatuan, Tugu Pancasila bisa menjadi daya tarik para Wisatawan lokal dan mancanegara.

“Kami juga sangat berterima kasih atas segala dukungan dari TNI POLRI, Pemerintah pusat, Propinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda, yang telah memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran, juga bantuan materi, demi suksesnya Pembangunan Tugu Pancasila di waduk Jatiluhur Purwakarta Jawabarat ini,” sebutnya.

Dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini lanjutnya, dirinya mengajak kepada seluruh generasi penerus bangsa untuk terus semangat menanamkan kecintaan tanah air, bangsa dan negara Republik Indonesia, “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan wujud meneguhkan komitmen masyarakat untuk lebih mendalami, lebih menghayati dan lebih mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila,” ungkap Marsda TNI AU Eding Sungkana yang mengemban Amanah Sebagai Wadan Kodiklat AU Tahun 2022.

Disisi lain, pembina Asgas RI R.Samsuri didampingi Panglima Asgas RI mengucapkan terima kasih Kepada Marsda TNI AU Eding Sungkana S,AB.M.Tr, yang sudah melihat langsung pengerjaan Tugu Pancasila.

Laporan: Asep Saepudin

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button