CILACAPJATENG

UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA KECAMATAN DAYEUHLUHUR, DIBACAKAN PRASETYA PEMUDA CILACAP

Peserta upacara Hari Sumpah Pemuda di Kecamatan Dayeuhluhur, Jumat 28 Oktober 2022 (Foto: Carsono Apung/Husen)

CILACAP, BIDIKNASIONAL.com – Pemerintah Kecamatan Dayeuhluhur melaksanakan upacara Hari Sumpah Pemuda ke 94, Jumat 28 Oktober 2022 di Pendopo Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Nampak hadir Forkopimcam, Polsek dayeuhluhur, Koramil 17Dayeuhluhur,bKepala Dinas Instansi kecamatan dayeuhluhur, para kepala desa sekecamatan dayeuhluhur,bOrmas Pemuda Pancasila, Gibas, KNPI dan tamu undangan lainnya.

Sebagai Inspektur Upacara, Camat Dayeuhluhur Wawan Mardiono S,STP.,menyampaikan
Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan pandangan perbedaan dari sikap, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan tapi sebagai suatu kekuatan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa indonesia.

Dalam upacara Peringatan Sumpah Pemuda ini, dibacakan Prasetya Pemuda Cilacap yang disampaikan oleh Tiara siswi SMAN 1 DAYEUHLUHUR yang berbunyi, Kami Pemuda Cilacap suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, patuh dan sopan santun kepada orang tua,serta berbudi luhur, setia kepada Pancasila dan UUD1945, Berdisiplin jujur dan bertanggung jawab, giat bekerja, hidup pola sederhana, bertekad meneruskan perjuangan dan pembangunan daerah, mengutamakan persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan suasana tertib aman dan nyaman serta pemuda cilacap generasi yang tangguh dan tanggap dalam menghadapi perkembangan jaman.

Usai upacara ditemui wartawan, Nanang Darno Ketua Pengurus anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila kecamatan Dayeuhluhur mengatakan, Peran Penting Perjuangan pemuda telah tercatat dengan sejarah Bersatunya para tokoh Pemuda dalam ikut serta bela negara dalam mencapai kemerdekaan.

Pemuda Pancasila PAC.Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap terus menanamkan rasa jiwa kebersamaan, kegotongroyongan, menjalin sinergitas dengan Pemerintah baik TNI POLRI dalam bela negara untuk menjaga persatuan dan kesatuaan dalam keutuhan bangsa indonesia.

Pemuda Pancasila kecamatan dayeuhluhur ikut serta menjaga menciptakan Kondusifnya warga masyarakat tokoh pemuda, tokoh ormas untuk bersatu menciptakan Kecamatan dayeuhluhur yang terus membangun dengan bangga bangun desa, ungkap H.Nanang Darno.

Selain itu, Ketua KNPI Kecamatan Dayeuhluhur mengharapkan Para Tokoh pemuda yang ada di kecamatan dayeuhluhur tetap menjalin menjaga persatuan dan kesatuan dari berbagai Ormas yang ada di kecamatan dayeuhluhur.

Turut menyampaikan, Korwil Disdikpora Kecamatan Dayeuhluhur, Tugas Supriyatno Spd, peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada,maka kita sebagai penerus perjuangan pemuda untuk tetap selalu menjaga Persatuaan dan Kesatuaan jangan terpecah belah oleh perbedaan yang bisa menghancurkan suatu bangsa.

” Ayo kita mewujudkan kejayaan Indonesia yang penuh toleransi, selalu menjaga persatuaan dan kesatuan untuk bangsa indonesia yang kita cintai ini,” tutupnya.

Laporan: Carsono Apung/Husen

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button