JATENGPEKALONGAN

Tingkatkan Kedisiplinan, Pegawai Rutan Dibekali Latihan Menembak

Pegawai Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Pekalongan melaksanakan kegiatan latihan menembak di Lapangan Tembak Satbrimob Kota Pekalongan, Senin (7-11-2022)/foto: hms

PEKALONGAN, BIDIKNASIONAL.com – Sebanyak 34 pegawai Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Pekalongan melaksanakan kegiatan latihan menembak di Lapangan Tembak Satbrimob Kota Pekalongan, Senin (7-11-2022).

Kepala Rutan Anggit Yongki Setiawan membuka kegiatan Pelatihan Menembak. Dalam arahan singkatnya Karutan berharap dengan diadakannya pelatihan menembak ini, masing masing pegawai bisa lebih berdisiplin, lebih kuat mental nya dalam menghadapi tugas dinas sehari hari.

“Karena sebagai petugas pemasyarakatan tuntutan kita semakin hari semakin banyak, dan kita harus mampu menghdapainya, tugas apapun itu kita harus siap dan mampu menyelesaikan dengan baik, itulah yang mendasari kita untuk melakukan pembinaan fisik, mental dan disiplin pegawai,dan salah satunya adalah dengan kegiatan pelatihan menembak,” tegasnya.

Anggit juga menghimbau dalam pelatihan ini pegawai memperhatikan betul materi yang disampaikan oleh pelatih atau instruktur dari Brimob, agar saat latihan nanti tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Dalam kegiatan pelatihan, Aiptu Sugiyono dibantu dua anggota Brimob memberikan ucapan selamat datang kepada Karutan dan jajaran nya.

Sugiyono kemudian menyampaikan materi tentang tata cara menggunakan dan menembak yang benar, selain itu juga menyampaikan tentang hal apa saja yang di larang dalam kegiatan menembak.

Setelah penyampaian materi, Sugiyono kemudian memperkenalkan senjata yang akan digunakan untuk kegiatan pelatihan menembak yaitu senapan panjang jenis AK.101 dan AK.102.

Selain memberikan materi, Sugiyono juga memberikan pelatihan kepada pegawai Rutan untuk bongkar pasang senjata Shot Gun dan Pistol milik Rutan. Satu persatu pegawai langsung mempraktekan bongkar pasang senjata.

Ini adalah pengalaman pertama bagi sebagian pegawai Rutan, Erry salah satu pegawai perempuan Rutan mengaku, setelah lima tahun bertugas di Rutan, baru kali ini mendapat kesempatan untuk menggunakan senjata milik Rutan sendiri.

“Kalau dulu pernah dilatih cuma bongkar pasang saja, sekarang dilatih untuk menggunakan dilapangan,” jelasnya.

Kegiatan pelatihan menembak ini rencananya akan berlangsung dua tahap yaitu hari ini dan hari Rabu yang akan datang.

Karutan menyampaikan ucapan terima masih kepada Satbrimob Kota Pekalongan yang telah memberikan kesempatan kepada pegawai Rutan untuk berlatih menembak bersama.

Laporan: Dikin/Rilis

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button